Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87948
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Prastowo, Sri Handono Budi | - |
dc.contributor.advisor | Prihandono, Trapsilo | - |
dc.contributor.author | Amiruddin, Muhammad | - |
dc.date.accessioned | 2018-11-13T02:54:24Z | - |
dc.date.available | 2018-11-13T02:54:24Z | - |
dc.date.issued | 2018-11-13 | - |
dc.identifier.nim | NIM140210102068 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87948 | - |
dc.description.abstract | Skripsi ini berkaitan dengan penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran fisika siswa. Dalam belajar fisika, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan. Banyak faktor yang mendasari hal tersebut terjadi, mulai dari strategi yang digunakan guru hanya untuk pemecahan soal matematis semata, siswa hanya memiliki kemampuan menyelesaikan masalah sederhana namun kurang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks, pemahaman siswa yang lemah tentang prinsip dan aturan fisika, kekurangan dalam memahami soal, tidak cukup motivasi dari diri siswa, ditambah materi fisika yang padat dan tidak kontekstual. Jika guru tidak tepat dalam membelajarkan fisika pada siswa akibanya siswa akan cenderung menghapal rumus saja tanpa tau makna fisis dibaliknya. Walhasil berdampak pada menurunnya hasil belajar fisika siswa. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan suatu strategi pembelajaran yang tepat efektif mengatasi kesulitan serta mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa, yaitu menggunakan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa di SMAN Kalisat Jember. (2) mengetahui respon siswa SMAN Kalisat Jember terhadap penggunaan worksheet scaffolds dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penilitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri Kalisat. Responden penelitian ditentukan dengan uji homogenitas, jumlah populasi kelas X MIPA sebanyak 5 kelas dan di ambil 2 kelas sebagi kelas ekspeerimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel dengan cluster random sampling. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210102068; | - |
dc.subject | Worksheet Scaffolds | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | PBL | en_US |
dc.title | Pengaruh Penggunaan Worksheet Scaffolds dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMAN Kalisat Jember | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Muhammad Amiruddin - 140210102068_1.pdf | 9.37 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools