Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87940
Title: Analisis Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Smk Negeri 5 Jember Kelas X Materi Suhu Dan Kalor
Authors: PRASTOWO, Sri Handono Budi
SUBIKI
JANNAH, Uzlifatul
Keywords: Keterampilan
Sains
Fisika
Suhu Dan Kalor
Issue Date: 13-Nov-2018
Series/Report no.: 120210102094;
Abstract: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan pada jenjang menengah yang mengutamakan pengembangan keterampilan siswa. Keterampilan yang dimiliki merupakan hasil dari pembelajaran di sekolah maupun di industri. Hal yang sangat diutamakan di SMK adalah soft skills yang nantinya siswa juga disibukkan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) sesuai kejuruannya. Salah satu potensi yang seharusnya dikuasai juga oleh siswa yaitu keterampilan proses sains. Karena keterampilan proses sains berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap fenomena alam yang terjadi. keterampilan proses merupakan keseluruhan keterampilan ilmiah yang terarah yang dapat digunakan untuk menemukan suatu konsep atau prinsip atau teori, untuk mengembangkan konsep yang telah ada sebelumnya, ataupun untuk melakukan penyangkalan terhadap suatu penemuan. Pembelajaran IPA atau sains di Sekolah Menengah pada umumnya menekankan pada penguasaan kompetensi melalui serangkaian proses ilmiah. Bidang sains atau IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses ilmiah, karena dalam bidang sains atau IPA terdapat banyak fenomena, peristiwa, dan fakta yang dapat ditemukan dan diselidiki. Oleh karena itu, pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses sains Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains terintegrasi dalam pembelajaran fisika pada siswa SMK Negeri 5 Jember kelas X materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Jember pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen tes adalah lima soal pilihan ganda disertai pilihan ganda dengan indikator mengenali variable, mendefinisikan variable, menggambarkan hubungan antar variabel, menyusun hipotesis, menganalisis penelitian, merancang penelitian, bereksperimen, mengumpulkan dan mengolah data, membuat tabel data, dan membuat grafik Berdasarkan hasil analisis data, 11 responden berada pada kriteria sangat baik, 31 responden berada pada kriteria baik, 59 responden berada pada kriteria cukup, 12 responden berada pada kriteria kurang, dan 17 responden berada pada kriteria kurang sekali. Persentase rerata keterampilan proses sains terintegrasi siswa materi suhu dan kalor sebesar 68,08%. Persentase nilai tersebut menunjukkan bahwa keterampilan proses sains terintegrasi siswa materi suhu dan kalor berada pada kriteria cukup.. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains terintegrasi dalam pembelajaran fisika siswa SMK Negeri 5 Jember kelas X materi suhu dan kalor tergolong kriteria cukup dengan presentase rata-rata nilai yang didapatkan adalah 68,8%. Siswa dapat mengenali variabel, mendefinisikan variabel, menyusun hipotesis dan mengumpulkan serta mengolah data dengan baik. Demikian pula kemampuan siswa dalam menggambarkan hubungan antar variabel, menganalisis penelitian, merancang penelitian, berekperimen, merancang penelitian sudah cukup. Selain itu, kemampuan siswa dalam membuat grafik dan membuat tabel data masih kurang.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87940
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Uzlifatul Jannah - 120210102094.pdf_.pdf5.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools