Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87937
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMurdyastuti, Anastasia-
dc.contributor.advisorRohman, Hermanto-
dc.contributor.authorPutri, Megawati Kariyono-
dc.date.accessioned2018-11-13T02:17:08Z-
dc.date.available2018-11-13T02:17:08Z-
dc.date.issued2018-11-13-
dc.identifier.nimNIM130910201021-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87937-
dc.description.abstractTujuan utama yang hendak dicapai dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebijakan anggaran responsif gender pada urusan pendidikan dalam APBD Kabupaten Jember Tahun 2016. Hal ini penting untuk memahami bagaimana keseriusan pemerintah mampu mengintegrasikan isu gender dalam membuat kebijakan dan program yang bermanfaat adil bagi perempuan mapun lakilaki melalui proporsi anggaran yang tidak bias gender. Tidak sedikit penelitian menunjukan bahwa sampai saat ini masih banyak kebijakan dan program pembangunan di Indonesia yang belum sensitif gender yang bermuara pada terjadinya ketidakadilan gender. Ketidakadilan gender ini terutama dirasakan oleh kaum perempuan, anak, dan kaum miskin. Hal ini dapat dibuktikan dari proporsi anggaran yang diperuntukan untuk kepentingan perempuan yang masih relatif kecil, seperti anggaran untuk pelayanan dasar di bidang pendidikan. Di bidang pendidikan perempuan, anak dan kaum miskin, merupakan kelompok terbesar yang buta huruf dan mengalami drop out. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah pihak eksekutif, legislatif, SKPD Dinas Pendidikan dan NGO terkait. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, catatan lapangan, penggunaan dokumen dan rekaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Fokus penelitian adalah menganalisis kebijakan strategis, kebijakan operasional baik secara makro maupun mikro dan menganalisis kebijakan anggaran responsif gender pada urusan pendidikan tahun 2016 dengan pembanding satu tahun sebelumnya. Dalam menganalisis kebijakan anggaran responsif gender pada urusan pendidikan dibagi menjadi analisis berdasarkan kriteria umum anggaran responsif gender dan belanja pendidikan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130910201021;-
dc.subjectAnalisis Kebijakanen_US
dc.subjectResponsif Genderen_US
dc.subjectUrusan Pendidikanen_US
dc.titleAnalisis Kebijakan Anggaran Responsif Gender Pada Urusan Pendidikan Dalam APBD Kabupaten Jember Tahun 2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Megawati Kariyono Putri - 130910201021_1.pdf2.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools