Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87890
Title: Pengembangan Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada Tema Lingkungan untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Authors: Mahardika, I Ketut
Supeno
Kurniawan, Jefri Adhi
Keywords: Pengembangan Modul IPA
Socio-Scientific Issues
Berpikir Kritis
Issue Date: 12-Nov-2018
Series/Report no.: 160220104008;
Abstract: Perkembangan pengetahuan dan teknologi abad ke-21, terutama yang berhubungan dengan dunia pendidikan di Indonesia menuntut adanya perubahan dan pembaharuan kurikulum pendidikan. Salah satu keterampilan abad ke-21 yang menjadi target dari penerapan kurikulum 2013 adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui pendekatan scientific yang salah satunya dapat berupa pengintegrasian Socio-Scientific Issues (SSI) ke dalam pembelajaran. SSI adalah permasalahan kontroversial tanpa solusi atau jawaban pasti yang menghubungkan ilmu pengetahuan dengan kehidupan masyarakat. Integrasi SSI ke dalam bahan ajar merupakan suatu hal baru yang masih jarang dilakukan oleh peneliti lain. Salah satu bahan ajar yang dapat membuat siswa mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri sesuai target penerapan kurikulum 2013 adalah modul. Modul dirancang dengan mengintegrasikan konteks SSI bertema lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) mendeskripsikan kevalidan modul IPA berbasis SSI pada tema lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa SMP; 2) mendeskripsikan kepraktisan modul IPA berbasis SSI pada tema lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa SMP; dan 3) mendeskripsikan keefektifan modul IPA berbasis SSI pada tema lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa SMP.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87890
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Jefri Adhi Kurniawan - 160220104008_1.pdf5.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.