Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87868
Title: Hubungan Antara Kinerja Tutor Dengan Motivasi Warga Belajar Kejar Paket C Di Pkbm Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi
Authors: IMSIYAH, Niswatul
ALKORNIA, Sylva
ROSYI, Ali
Keywords: Kinerja Tutor
Motivasi Warga Belajar Kejar Paket C
Issue Date: 12-Nov-2018
Series/Report no.: 120210201074;
Abstract: Program kejar paket C ini di ajukan bagi masyarakat putus sekolah karena keterbatasan ekonomi dan ada juga karena mengalami masalah di sekolah formalnya sehingga menyebabkan putus sekolah. Pelaksanaan program kejar paket di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Kinerja Tutor tidak hanya memberikan materi tentang mata pelajaran sebagai mana mestinya tetapi juga memberikan motivasi pada warga belajarnya agar memahami nilai dan manfaat program pendidikan kesetaraan bagi peningkatan kualitas kehidupan di masyarakat. Dengan demikian kinerja tutor sangat penting, karena tutor yang terlihat langsung dalam pembinaan dan pembelajaran warga belajar. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah yaitu penelitian ini adakah hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi warga belajar paket C di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar? sedangkan Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi warga belajar paket C di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar. Adapun manfaat penelitian ini, yaitu manfaat teoritis diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang kinerja tutur dan motivasi belajar warga belajar paket C khususnya bagi pendidikan luar sekolah dan manfaat secara praktis dapat menjadi salah satu masukan dukungan dan parameter bagi pendidik maupun praktisi pendidikan luar sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, dilakukan kunjungan langsung di tempat penelitian yaitu PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi yang dipilih sebagai tempat penelitian dengan teknik purposive area sampling. Selanjutnya Sumber data utama yang dipilih ialah Warga belajar kejar paket C dan penentuan responden menggunakan teknik populasi dengan pengumpulan data melalui Angket dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian menggunkan rumus korelasi tata jenjang. Hasil penelitian di atas selanjutnya dibuktikan melalui penyebaran angket kepada 10 warga belajar paket C yang dalam hal ini setiap angket yang terdiri dari 20 pertanyaan, yang selanjunya dilakukan preses scoring, tabularing dan editing. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa ada Hubungan Antara Kinerja Tutor Dengan Motivasi Warga Belajar Paket C di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar. Yaitu Kinerja Tutor sebagai Variabel X dan Motivasi Warga Belajar Paket C sebagai Variabel Y dengan hasil perhitungan dan olahan data yang diperoleh rhitung sebesar 0,588. Jika dikonsultasikan dengan rtabel sebesar 0,648 pada taraf kepercayaan 95%, akan menunjukan bahwa rhitung lebih besar rtabel = 0,588 > 0,361 dan kinerja tutor dapat memberikan korelasi sebesar 34,5% terhadap motivasi warga belajar, Artinya Hubungan kinerja tutor dengan motivasi warga belajar paket C yaitu tergolong cukup. Selanjunya rincian antar indikator yang dijadikan pengukuran, diketahui bahwa indikator kinerja tutor mampu menyusun rencana pembelajaran 0,528 memberikan korelasi sebesar 27,87% terhadap motivasi warga belajar dengan kategori cukup, indikator kinerja tutor mampu melaksanakan proses pembelajaran menghasilkan 0,679 memberikan korelasi sebesar 46,10% terhadap motivasi warga belajar dengan kategori tinggi, sedangkan indikator kinerja tutor mampu memilih metode pembelajaran menghasilkan 0,485 memberiikan korelasi sebesar 23,52% terhadap motivasi warga belajar dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi warga belajar paket C di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar memiliki tingkat hubungan yang cukup.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87868
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ALI ROSYI-120210201074.pdf_.pdf2.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools