Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87671
Title: Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Raya Puger Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember Menggunakan Metode Dirgolaksono Dan Indrasurya B. Mochtar (Sta 0+000 – 3+000)
Authors: NURING, Nunung
KRISWARDHANA, Willy
ALMUNTSARI, Daud Rosyid Rahardjo
Keywords: Tingkat Kerusakan
Jalan Raya
Metode Dirgolaksono
Indrasurya
Issue Date: 7-Nov-2018
Series/Report no.: 151903103004;
Abstract: Jalan raya merupakan salah satu prasarana yang berfungsi sebagai penghubung antar daerah. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 tentang prasarana jalan, disebutkan bahwa jalan sebagai bagian sistem transportasi nasional mempunyai peranan penting dalam mewujudkan perkembangan kehidupan bangsa. Berdasarkan klasifikasi menurut fungsi jalan, Jalan Raya Puger Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember merupakan jalan kelas III. Jalan Raya Puger Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember menghubungkan antara Kecamatan Gumukmas dengan Kecamatan Puger. Jalan ini juga berperan penting dalam membangun perekonomian di Kecamatan Puger, Kecamatan Kencong, Kecamatan Gumukmas, dan Kecamatan Umbulsari. Penelitian ini menggunakan metode Dirgolaksono dan Indrasurya B. Mochtar. Terdapat tiga bahasan komponen utama yaitu nilai kerusakan, kondisi drainase, dan Riding Quality (RQ). Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan jenis kerusakan jalan, menentukan nilai dan rata-rata Total Distress Point (TDP), Riding Quality (RQ), Nilai Kondisi Drainase (NKD), dan menggunakan peta kerusakan jalan. Survei dilakukan sepanjang 3,0 kilometer dimulai dari Km (00+000 – 03+000) dengan rincian 30 segmen masing-masing 100 meter tiap segmen. Satu segmen terdiri atas dua bagian yaitu segmen kanan dan segmen kiri. Hasil pengamatan dan penilaian kondisi perkerasan diperoleh nilai Total Distress Point (TDP) mencapai 392,25; nilai Riding Quality (RQ) mencapai 90; Nilai Kondisi Drainase (NKD) mencapai 304 dengan masing-masing rata-rata berurutan 13,075; 3; 10,13. Jenis kerusakan jalan yang diperoleh dari hasil survei antara lain retak kulit buaya, retak memanjang, retak melintang, retak blok, pelepasan butir, rusak samping, kerusakan susunan, lubang, dan tambalan. Jenis kerusakan jalan yang paling dominan yaitu retak kulit buaya sebesar 13,36%; lubang sebesar 9,85%; dari total nilai kerusakan sebesar 32,08%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87671
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DAUD ROSYID RAHARDJO ALMUNTSARI - 151903103004.pdf_.pdf3.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.