Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87435
Title: Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Meronce Tanah Liat Pada Anak Kelompok B1 di Tk Kartika IV.8 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
Authors: KHUTOBAH
A. LATIEF, Misno
NENY, Winda
Keywords: Kemampuan Motorik Halus
Metode Demonstrasi Meronce
Issue Date: 17-Sep-2018
Series/Report no.: 120210205066;
Abstract: Kemampuan motorik halus sangat diperlukan untuk dikuasai oleh anak dalam kehidupan sehari-hari karena hampir seluruh kegiatan akademik anak menggunakan keterampilan tersebut untuk mengerjakan tugas-tugas di sekolah dan anak juga dapat mengembangkan kreativitas serta imajinasi dalam membuat suatu karya. Hasil belajar Pra Siklus anak kelompok B1 TK Kartika IV-8 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 menunjukkan bahwa dari anak 19 anak, hanya 8 anak yang sudah mulai berkembang kemampuan motoriknya, dan sisanya sebanyak 11 anak kemampuan motorik halusnya masih rendah dengan nilai rata-rata 67, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan melakukan pembelajaran dengan menggunakan media meronce tanah liat, sehingga nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai harapan. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi meronce tanah liat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B1 di TK Kartika IV-8 Jember tahun ajaran 2016/2017; dan (2) bagaimanakah peningkatan perkembangan motorik halus melalui penerapan metode demonstrasi meronce tanah liat pada anak kelompok B1 di TK Kartika IV-8 Jember tahun ajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeiskripsikan penerapan metode demonstrasi meronce tanah liat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B1 di TK Kartika IV-8 Jember tahun ajaran 2016/2017; (2)untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui penerapan metode demonstrasi meronce tanah liat pada anak kelompok B1 di TK Kartika IV-8 Jember tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian oleh Arikunto. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Proses kegiatan menulis dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan, maka kesimpulan hasil yang diperoleh sebagai berikut: (1) Penerapan media tanah liat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dilakukan dengan kegiatan meronce gelang, kemudian menyiapkan bahan benang tampar dan tanah liat yang sudah dibentuk dengan warna coklat polos. Siklus I membuat gelang dan siklus II membuat bentuk kalung (2) media meronce tanah liat dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 TK Kartika IV-8 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 67, pada siklus I meningkat sebesar 71, dan pada siklus II meningkatkan menjadi 84. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media meronce tanah liat dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 TK Kartika IV-8 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Saran: (1) untuk guru; Hendaknya meronce bukan hanya menggunakan manik-manik, biji-bijian dsb, karena sebetulnya menggunakan tanah liat dapat digunakan untuk meningkatkan motorik halus anak terutama meronce secara bersamaan; (2) untuk kepala sekolah; Hasil penelitian ini dapat diinformasikan kepada guru-guru agar bisa dijadikan variasi dalam pembelajaran yang menggunakan tanah liat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak; (3) untuk peneliti lain; penelitian ini dapat dijadikan acuan atau referensi terhadap penelitian yang serupa terutama pada penelitian untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87435
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
WINDA NENY - 120210205066.pdf722.96 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools