Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87204
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik-
dc.contributor.advisorKHUTOBAH-
dc.contributor.authorAPRIYANI, Friska-
dc.date.accessioned2018-08-24T02:27:01Z-
dc.date.available2018-08-24T02:27:01Z-
dc.date.issued2018-08-24-
dc.identifier.nimNIM140210205053-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87204-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu media dadu dan papan flanel dengan materi konsep geometri dan konsep berhitung. Media dadu dan papan flanel digunakan pada pembelajaran untuk pencapaian 6 (enam) indikator perkembangan kognitif yaitu 1) mengenal bangun geometri; 2) mengklasifikasikan bangun geometri sesuai bentuk dan warnanya; 3) mengurutkan bangun geometri dari besar-kecil, atau sebaliknya; 4) membilang/menyebutkan urutan bilangan dari 1 sampai 10; 5) menunjukkan lambang bilangan 1-10; 6) menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10. Subjek penelitian ini yakni anak kelompok A di RA Perwanida I Cluring Banyuwangi yang berjumlah 22 anak. Uji pengembangan dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu hasil validasi media dadu dan papan flanel, perangkat pembelajaran yang digunakan, hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media dadu dan papan flanel, serta keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media dadu dan papan flanel yang ditentukan oleh hasil belajar anak. Tahap uji pengembangan dilakukan kegiatan validasi oleh ahli dan uji pengembangan di lapangan berupa kegiatan pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli untuk media dadu dan papan flanel diperoleh nilai 4,48 dengan kategori valid. Hasil validasi terkait RPPH dan LKA masing-masing memperoleh nilai 4,3 dan 4,52 dengan kategori valid dengan sedikit perbaikan. Berdasarkan uji pengembangan di lapangan diperoleh aktivitas guru mencapai 86,67% pada pertemuan 1, dan 97,78% pada pertemuan 2. Respon guru terhadap komponen media dadu dan papan flanel serta perangkat pembelajaran yang disusun yakni respon positif. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa 1) media dadu dan papan flanel untuk keterampilan mengenal konsep geometri dan konsep berhitung dikategorikan valid dengan sedikit perbaikan; 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media dadu mencapai hasil yang sangat baik; dan 3) hasil aktivitas belajar anak mencapai kategori baik, serta respon guru terhadap pembelajaran dengan media dadu dan papan flanel positif. Saran yang diberikan bagi peneliti lain yaitu pengembangan media dadu dan papan flanel ini menjadi referensi untuk mengembangkan media dadu dan papan flanel untuk materi yang lain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210205053;-
dc.subjectMEDIA DADU DAN PAPAN FLANELen_US
dc.subjectKONSEP GEOMETRI DAN KONSEP BERHITUNGen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA DADU DAN PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP GEOMETRI DAN KONSEP BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK A RA PERWANIDA I CLURING TAHUN 2017/2018en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Friska Apriyani - 140210205053_.pdf7.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools