Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87203
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) HUKUM NEWTON GRAVITASI BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERINTEGRASI PhET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA
Authors: MAHARDIKA, I Ketut
HARIJANTO, Alex
SUGIANTO, Ferdy
Keywords: NEWTON GRAVITASI
PhET SIMULATION
Issue Date: 24-Aug-2018
Series/Report no.: 140210102001;
Abstract: Fisika merupakan mata pejaran yang menekankan pada penguasaan konsep, namun pada pelaksanaannya terkadang siswa tidak mampu memahami konsep fisika yang dipelajari. Konsep fisika cenderung bersifat abstrak dan dalam bentuk pengetahuan fisik seta logika matematik, jadi bakat individu cukup berpengaruh dalam penguasaannya. Salahsatu materi fisika yang bersifat abstrak dan sulit untuk divisualisasikan adalah materi hukum Newton tentang gravitasi. Oleh sebab itu dibutuhkan media praktikum virtual yang mampu memvisualisasikan materi hukum Newton tentang gravitasi, sehingga dapat dilakukan percobaan. Media praktikum virtual yang paling popular digunakan dalam proses pembelajaran saat ini yaitu aplikasi Physics Education Tecnologi (PhET). Namun agar pembelajaran materi fisika hukum Newton tentang gravitasi bersifat efektif dan efisien, media praktikum Phet Simulation tidak dapat langsung diberikan pada siswa, diperlukan suatu bahan ajar yang dapat menuntun siswa melalukan pembelajaran menggunakan media praktikum Phet Simulation. Bahan ajar dapat berupa lembar kerja siswa (LKS). Lembar kerja siswa (LKS) yang dikembangkan harus mampu membuat siswa dapat memahami konsep fisika materi hukum gravitasi Newton yang bersifat abstrak dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pendekatan yang mampu meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Salahsatu pendekatan yang mampu meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa adalah pendekatan multirepresentasi. Oleh sebab itu maka dikembangkan lembar kerja siswa (LKS) materi hukum Newton tentang gravitasi berbasis pendekatan multirepresentasi, dan terintegrasi aplikasi praktikum virtual Phet Simulation yang dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa materi hukum Newton tentang gravitasi yang bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengkaji validitas LKS ; 2) Mengkaji kepraktisan LKS; dan 3) Mengkaji efektivitas LKS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Tjeerd Plomp. Pemillihan pengembangan model Plomp pada penelitian ini dikarenakan pengembangan model ini memiliki kelebihan,antara lain uraian setiap fase yang detail dan sistematis, mudah dipahami dan model pengembangan ini cocok untuk diterapkan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Dalam penelitian pengembangan ini, model Plomp yang digunakan terdiri dari 5 fase, yaitu:1) fase investigasi awal (Preliminary Research), 2) fase desain (Design), 3) fase realisasi/konstruk (Realization/Construction), 4) fase tes, evaluasi, dan revisi dan 5) fase implementasi. Hasil yang didapat dari kegiatan penelitian yaitu lembar kerja siswa (LKS) hukum Newton gravitasi berbasis multirepresentasi terintegrasi PhET Simulation telah melalui tahap validasi ahli dan validasi pengguna dengan nilai validasi akhir 4,15 dan dikategorikan valid. LKS ini telah layak digunakan pada kegiatan pembelajaran. Lembar kerja siswa (LKS) hukum Newton gravitasi berbasis multirepresentasi terintegrasi PhET Simulation telah diuji coba lapangan dan dikategorikan praktis. Hali ini dapat dilihat dari nilai kepraktisan yang diperoleh tiap sub bab masing-masing yaitu sub bab pertama 3,57, sub bab kedua 3,28, dan sub bab ketiga 3,42. Lembar kerja siswa (LKS) hukum Newton gravitasi berbasis multirepresentasi terintegrasi PhET Simulation telah diuji coba lapangan dan dikategorikan efektiv, dengan nilai N-gain efektivitas akhir 0,75 dan berkategori efektivitas tinggi. Lembar kerja siswa (LKS) hukum Newton gravitasi berbasis multirepresentasi terintegrasi PhET Simulation telah melalui tahap desiminasi (penyebar luasan) dan dikategorikan efektiv, dengan nilai rata-rata N-gain 0,71 dan berkategori efektivitas tinggi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87203
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ferdy Sugianto - 140210102001_.pdf3.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools