Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87200
Title: KEGIATAN PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PAJAK HIBURAN PADA KANTOR BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN JEMBER
Authors: MUSMEDI, Didik Pudjo
HERWALDI M., Fandy
Keywords: PAJAK HIBURAN
KANTOR BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN JEMBER
Issue Date: 24-Aug-2018
Series/Report no.: 130803101006;
Abstract: Berdasarkan Praktek Kerja Nyata Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Jember dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui proses pelaksanaan pemungutan pajak hiburan pada badan pendapatan daerah kabupaten Jember. a. Wajib pajak melakukan pendaftaran mengenai nama wajib pajak, alamat dan jenis pajak hiburan dan jumlah pajak terutang kepada bidang pendaftaran dan pelayanan. Kemudian bidang pendaftaran dan pelayanan akan menghitung jumlah pajak yang harus dibayar dan menerbitkan nomor pokok wajib pajak (NPWP) yang setelah itu wajib pajak mendapatkan surat pemberitahuan terhutang pajak daerah (SPTPD). b. SPTDP tersebut dikirim ke bidang penetapan dan verifikasi untuk ditetapkan jumlah pajak terutang yang harus dibayar dan memverifikasi objek pajak. c. Sebelum membayarkan pajak ke Bank Jatim. Wajib pajak dibina menuju ke bagian pelayanan untuk mendapatkan STS (Surat Tanda Setoran). Setelah itu wajib pajak membayar pajak terutangnya ke Bank Jatim dan mendapatkan bukti pembayaran dari Bank Jatim. d. Kemudian dari pihak penerima pajak akan memberikan STS ke bidang pembukuan dan pengendalian yang kemudian membukukan ketetapan dan realisasi pembayaran pajak berdasarkan STS dan membuat laporan realisasi ketetapan pajak. Administrasi pemungutan pajak hiburan dapat dilaksanakan dengan lebih rapi, terkendali, sederhana dan mudah dipahami oleh anggota masyarakat wajib pajak. 2. Untuk membantu pihak badan pendapatan daerah kabupaten Jember dalam melaksanakan kegiatan operasinya. a. Dalam kegiatan PKN ini saya membantu meringankan kerja para pegawai di BAPENDA yang bertugas untuk membantu menginput data-data pada surat pajak kedalam data computer karena berkas yang harus diinput sering kali banyak yang datang. b. Memberikan pelayanan kepada wajib pajak secara efesien untuk meringankan pegawai BAPENDA dalam melayani wajib pajak yang sering kali tidak mengerti dalam membayar pajak. c. Hasil yang didapatkan dari kegiatan PKN ini mendapatkan pengalaman, ilmu, dan informasi baru serta mencari bahan-bahan yang dibutuhkan guna untuk menambahkan, melengkapi dan menyusun laporan tugas akhir.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87200
Appears in Collections:DP-Company Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fandy Herwaldi - 130803101006_.pdf2.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.