Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87193
Title: IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
Authors: HARIJANTO, Alex
LESMONO, Albertus Djoko
RAHAYU, Dewi Nofi Ginanjar
Keywords: BERPIKIR KRITIS SISWA
MATERI FLUIDA DINAMIS
Issue Date: 24-Aug-2018
Series/Report no.: 140210102034;
Abstract: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive sampling area, dimana daerah yang digunakan dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Daerah yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah SMA Negeri 3 Jember. Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 6. Alasan pemilihan kelas tersebut adalah karena saran dari guru berdasarkan ketercapaian materi fisika yang lebih jauh dibanding kelas lainnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau tiap indikator diketahui bahwa pada indikator interpretasi dapat dikatakan tinggi. Menurut data, 26,47% siswa berada pada kategori sangat tinggi, 60,78% siswa berada pada kategori tinggi, 9,80% siswa berada pada kategori sedang, 2,94% siswa berada pada kategori rendah, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat rendah. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa jika dilihat dari indikator analisis masih dapat dikatakan kurang. Berdasarkan data, 14,71% siswa berada pada kategori sangat tinggi, 25,49% siswa berada pada kategori tinggi, 37,25% siswa berada pada kategori sedang, 13,73% siswa berada pada kategori rendah, dan 8,82% siswa berada pada kategori sangat rendah. Selanjutnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa jika ditinjau dari indikator evaluasi dapat dikatakan cukup baik. Berdasarkan data hasil penelitian dapat dilihat bahwa 27,45% siswa berada pada kategori sangat tinggi, 52,94% siswa berada pada kategori tinggi, 15,69% siswa berada pada kategori sedang, 2,94% siswa berada pada kategori rendah, dan 0,98% siswa berada pada kategori sangat rendah. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari indikator inferensi masih dapat dikatakan kurang. Terdapat 18,63% siswa yang berada pada kategori sangat tinggi, 33,33% siswa berada pada kategori tinggi, 31,37% siswa berada pada kategori sedang, 7,84% siswa berada pada kategori rendah, dan terdapat 8,82% siswa yang berada pada kategori sangat rendah. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruan yaitu 19 siswa atau 18,63% siswa secara keseluruhan yang berada di kategori sangat tinggi. Pada kategori tinggi terdapat 43 siswa atau 42,16% siswa keseluruhan yang menempati kategori tersebut. Ada 30 siswa atau 29,41% siswa secara keseluruhan berada pada kategori sedang. Sisanya yaitu 10 orang siswa atau 9,80% siswa secara keseluruhan berada pada kategori rendah. Dari data hasil penelitian juga diketahui bahwa tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat rendah. Jika seluruh skor yang diperoleh siswa dijumlah dan dirata-rata, maka akan didapatkan persentase 65,26% untuk seluruh tingkatan. Berdasarkan penjabaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 3 Jember adalah tinggi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87193
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dewi Nofi Ginanjar Rahayu - 140210102034_.pdf1.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools