Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87088
Title: Upaya Guru dalam Menanamkan Kemandirian Anak Melalui Strategi Bernyanyi Kelompok A TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: LATIEF, Misno A.
YULIATI, Nanik
ISLAMIYAH, Ma’rifatil
Keywords: Strategi Pengajaran
Penanaman Kemandirian Anak
Strategi bernyanyi
TK
Issue Date: 20-Aug-2018
Abstract: Anak yang mandiri adalah anak yag memiliki keprcayaan diri dan motivasi yang tinggi. Setiap tinggah lakunya tidak menggatungkan diri pada orag lain. Kemandirian anak sendiri tak lepas dari upaya guru yang menanamkan kemandirian anak dengan berbagai aktivitas. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru di TK Dharma Indria 1adalah bernyanyi. Bernyanyi yang dilakukan di TK Dharma Indria 1 merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru dan anak hampir setiap hari pada saat pembukaan pembelajaran, inti, maupun penutup. Berdasarkan hasil study pendahuluan yang dilakukan peneliti di TK Dharma Indria 1 Patrang, Jember, strategi bernyayi yang dilakukan oleh guru menarik bagi anak. Anak-anak mampu mengikuti kegiatan bernyanyi dengan sangat riang dan gembira serta tampak kemandirian anak saat bernyanyi berlangsung. Berdasarkan uraian tersebut maka, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimanakah Upaya Guru dalam Menanamkan Kemandirian Anak Melalui Strategi Bernyanyi kelompok A TK Dharma Indria 1 Kecamatan Patrang Tahun Pelajaran 2017/2018? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui Upaya Guru dalam Menanamkan Kemandirian Anak melalui Strategi Bernyanyi kelompok A TK Dharma Indria 1 Kecamatan Patrang Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan anak kelompok A yang melakukan strategi bernyanyi di TK Dharma Indria 1 Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapaun tekhnik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif menurut Miles dan Huberman (dalam Sugiyono, 2012: 246) yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi tentang upaya guru dalam menanamkan kemadirian anak, mereduksi data yaitu memfokuskan pada temuan tentag upaya guru dalam menanamkan kemandirian anak melalui startegi bernyanyi di TK Dharma Indria 1, penyajian data dalam bentuk teks naratif tentag upaya guru dalam menanamkan kemadirian anak melalui strategi bernyanyi di TK Dharma Indria 1, dan penarikan kesimpulan tentang upaya guru dalam menanamkan kemadirian anak melalui strategi bernyanyi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam menanamkan kemadirian anak melalui strategi bernyanyi di TK Dharma Indria 1 meliputi : upaya guru yang terlihat dalam melakukan perencanaan pembelajaran, melaksanakan, serta mengevaluasi anak. Serta mengajak anak untuk melakukan kegiatan rutin yaitu berdoa bersama sebelum atau sesudah melaksanakan kegiatan. Hasil observasi tentang upaya guru dalam menanamkan kemadirian anak melalui strategi bernyanyi pada hampir setiap pertemuan, guru dan anak mendapat hasil evaluasi yang baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil cheklist skor upaya guru yang mendapatkan skor 5 (guru melakukannya dengan sangat baik). Hasil cheklist tentang upaya guru diperkuat lagi dengan hasil evaluasi anak dalam setiap pertemuannya bahwa kemadirian anak di TK Dharma Indria 1 adalah baik. Saran bagi guru diharapkan lebih kreatif, inovatif dan aktif dalam menyiapkan strategi bernyanyi guna menanamkan kemandirian anak, seperti mempersiapkan media pembelajaran agar membuat anak menjadi tertarik dan antusias untuk belajar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87088
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ma’rifatil Islamiyah-140210205007.pdf8.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools