Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87057
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nuriman | - |
dc.contributor.advisor | Sugiarti, Titik | - |
dc.contributor.author | Septiasari, Vida | - |
dc.date.accessioned | 2018-08-15T02:29:09Z | - |
dc.date.available | 2018-08-15T02:29:09Z | - |
dc.date.issued | 2018-08-15 | - |
dc.identifier.nim | 140210204020 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87057 | - |
dc.description.abstract | Pembelajaran IPA dapat diberikan melalui pengalaman nyata yang dekat dengan kehidupan siswa, sehingga siswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu konsep. Pada kenyataannya, masih banyak siswa yang menganggap sulit mata pelajaran IPA dan hasil belajar yang diperoleh kurang dari kriteria ketuntasan minimum (KKM). Lemahnya pelaksanaan pembelajaran IPA adalah penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi hasil belajar IPA, salah satunya dengan memperbaiki pelaksanaan pembelajaran IPA melalui penggunaan berbagai model atau media pembelajaran. Banyak diantara model dan media pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA, salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning disertai media puzzle. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media puzzle terhadap hasil belajar materi peristiwa alam di sekolah dasar?”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media puzzle terhadap hasil belajar materi peristiwa alam di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pola Pretest Posttest Control Group Design. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester genap SDN Tegal Gede 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Materi Peristiwa Alam | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Materi Peristiwa Alam Di Sekolah Dasar | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Vida Septiasari - 140210204020.pdf Sdh.pdf | 6.38 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools