Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86778
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMUCHTAR, Imam-
dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul-
dc.contributor.authorRACHMIKA, Noor Baity-
dc.date.accessioned2018-07-31T02:32:34Z-
dc.date.available2018-07-31T02:32:34Z-
dc.date.issued2018-07-31-
dc.identifier.nimNIM140210204120-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86778-
dc.description.abstractProses pembelajaran pada kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). Pendekatan ilmiah pada proses pembelajaran memiliki langkah-langkah mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring pada semua mata pelajaran. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik selain yang disediakan dalam buku siswa kurikulum 2017. Salah satunya dengan menggunakan media kartu gambar. Pendekatan saintifik yang dipadukan dengan media kartu gambar diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu “Adakah pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar siswa kelas II tema pengalamanku di SDN Sumbersari 01 Jember?” dan tujuan penelitian ini yaitu digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar siswa kelas II tema pengalamanku di SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian ini “pra eksperimental” yaitu tipe post-test only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Responden penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II yang terdiri dari kelas IIA dan IIB yang berjumlah 66 siswa. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 06 November 2017 sampai dengan 26 Maret 2018. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai UAS. Data yang dianalisis berupa selisih rerata post-test pada kelas eksperimen (IIA) dan kelas kontrol (IIB). Rerata hasil belajar kelas eksperimen (IIA) = 78,10 sedangkan rerata hasil belajar kelas kontrol (IIB) = 57,89. Ada selisih perbedaan rerata masing-masing kelompok sebesar = 20,21. Selisis rerata post-test dijadikan acuan untuk menganalisa perhitungan uji-t. Perhitungan uji-t dilakukan dengan menggunakan SPSS dengan taraf signifikansi 5%. Perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 6,688 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada db = 64 yaitu diperoleh harga ttabel = 2,2609. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 6,688 > 2,2609, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis yang diperoleh dan berdasarkan penelitian lain, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantuan media kartu gambar hasil belajar siswa kelas II SDN Sumbersari 01 Jember. Hasil pendekatan saintifik berbantuan media kartu gambar ini diharapkan dapat memberikan referensi kepada guru dan peneliti lain untuk meningkatkan mutu pendidikan dan diharapkan dapat mengembangkannya dalam penelitian selanjutnyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204120;-
dc.subjectProses pembelajaranen_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.subjectJenjang pendidikanen_US
dc.subjectIlmiah (scientific approach)en_US
dc.subjectMedia pembelajaranen_US
dc.subjectMedia kartu gambaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Tema Pengalamanku Di SDN Sumbersari 01 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Noor Baity Rachmika-140210204120.pdf-.pdf7.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools