Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/8664
Title: ANALISIS KEUNGGULAN KOMPARATIF DAN KOMPETITIF SERTA DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP KOMODITAS KEDELAI DI JAWA TIMUR DENGAN MENGGUNAKAN POLICY ANALYSIS MATRIX (PAM)
Authors: herman cahyo, D
eka bambang, G
Keywords: PDAM
kebijakan pemerintah
komonitas kedelai
Issue Date: 12-Dec-2013
Publisher: Fak.Ekonomi'06
Abstract: Penelitian yang telah dilakukan mempunyai tujuan untuk mengetahui daya saing serta dampak kebijakan pemerintah terhadap komoditas kedelai di Sentra Produksi di Wilayah Jawa Timur. Metode analisis yang digunakan adalah metode Policy Analysis Matrix (PAM). Hasil analisis menunjukan usahatani kedelai umumnya ditanam pada musim ketiga (MT-III) masih menguntungkan petani pemilik penggarap dan penyewa dengan pendapatan bersih berturut-turut sekitar Rp i juta dan Rp 0,5 juta per hektar. Kalau semua input termasuk sewa lahan, semua tenaga kerja, dan bunga modal kerja harus dibayar, maka pendapatan bersih petani pengelola (returns to management) menjadi negatif dari segi privat atau tertato kecil dari segi sosial. Ini berarti bahwa usahatani kedelai tidak memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif yang dipategas oleh nilai PCR dan nilai DRC yang berada dtsekiiar satu.
Description: Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8664
Appears in Collections:LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Herman Cahyo Diartho.pdf4.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.