Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86469
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLathif, Misno A.-
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik-
dc.contributor.authorWulandari, Cahya Dwi-
dc.date.accessioned2018-07-26T02:02:29Z-
dc.date.available2018-07-26T02:02:29Z-
dc.date.issued2018-07-26-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86469-
dc.description.abstractManajemen adalah ilmu pengetahuan yang dapat diterapkan dalam semua organisasi manusia seperti perusahaan, pemerintah, pendidikan, sosial, keagamaan, dan sebagainya. Memanajemen orang adalah tugas yang penting dan juga sulit. Seorang guru dituntut mempunyai kompetensi dan profesionalisme karena perkembangan ilmupun semakin pesat. Kegiatan manajemen personalia dalam pembagian tugasnya harus jelas, tepat, dan tegas, sehingga program yang telah ditetapkan dapat dilaksanakan dengan baik. Pada Implementasi manajemen personalia di TK Pertiwi Genteng Kulon Banyuwangi peneliti ingin mengetahui pengelolaan manajemen personalia yaitu Perencanaan Guru, Pengadaan Guru, Penempatan Guru, Pembinaan Guru, Evaluasi Guru dan Pemberhentian Guru. Kegiatan manajemen personalia yang baik akan memperlancar kegiatan belajar mengajar dan menghasilkan output yang bagus. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Implementasi Manajemen Personalia (Guru) di TK Pertiwi Genteng Kulon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. Adapun Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Manajemen Personalia (Guru) di TK Pertiwi Genteng Kulon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru di TK Pertiwi Genteng Kulon Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif menurut Sugiyono (2017:244-246) analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi tentang pelaksanaan manajemen personalia (guru), mereduksi data yaitu memfokuskan pada temuan tentang perencanaan guru, pengadaan guru, penempatan guru, pembinaan guru, evaluasi guru dan pemberhentian guru di TK Pertiwi Genteng Banyuwangi, Penyajian data dalam bentuk teks naratif tentang Implementasi Manajemen Personalia (Guru) di TK Pertiwi Genteng Kulon Banyuwangi, dan penarikan kesimpulan tentang bagaimana pelaksanaan manajemen personalia (guru) terkait perencanaan guru, pengadaan guru, penempatan guru, pembinaan guru, evaluasi guru dan pemberhentian guru di TK Pertiwi Genteng Kulon Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen pesrsonalia (guru) di TK Pertiwi Genteng Kulon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018 sudah dilaksanakan secara penuh dengan mengacu kepada beberapa kriteria penilaian terkait perencanaan guru, pengadaan guru, penempatan guru, pembinaan guru, evaluasi guru dan pemberhentian guru. Lembaga telah banyak mengupayakan hal untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan terkait manajemen personalia. Berdasarkan hasil obeservasi pelaksanaan manajemen pesonalia (guru) diketahui bahwa pelaksanaan perencanaan guru 87% (sangat baik), pengadaan guru 79% (baik), penempatan guru 88,3% (sangat baik), pembinaan guru 89,2% (sangat baik), evaluasi guru 76% (baik) dan pemberhentian guru 100% (sangat baik). Hasil penelitian keseluruhan mengalami beberapa hal yang memang dirasa belum dilaksanakan dengan baik terkait pengadaan guru, evaluasi guru dan pembinaan guru, tetapi usaha sekolah untuk menjadi lebih baik tentunya akan selalu dilaksanakan. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya kepada tenaga kependidikan disarankan agar selalu meningkatkan kompetensi personal, artinya kompetensi setiap personil selalu ditingkatkan agar mampu memberikan kerja yang maksimal untuk kemajuan sekolah. Kepala Sekolah, sebaiknya dalam Evaluasi personil (Guru) dilakukan dengan sebaik-baik dengan cara memberikan penilaian terhadap guru agar kedepannya lebih baik lagi, meningkatkan serta menguatkan pada standart proses agar dapat menghasilkan output maupun outcome yang berkualitas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectManajemen Personaliaen_US
dc.subjectTK Pertiwien_US
dc.titleImplementasi Manajemen Personalia (Guru) Di TK Pertiwi Genteng Kulon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cahya Dwi Wulandari 1.pdf5.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools