Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/8639
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDIAH KURNIA YULIANTI-
dc.date.accessioned2013-12-12T07:56:51Z-
dc.date.available2013-12-12T07:56:51Z-
dc.date.issued2013-12-12-
dc.identifier.nimNIM080210204311-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8639-
dc.description.abstractTujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1). Penerapan model kooperatif teknik Jigsaw dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. 2). meningkatkan aktivitas belajar ix siswa melalui penerapan model kooperatif teknik Jigsaw, pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. 3). meningkatkan hasil belajar siswa sampai memenuhi kriteria ketuntasan minimal melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw, pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Penelitian ini menggunakan desain model Hopkins dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 3 orang observer. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui pada ketercapaian indikator Visual Activities pada siklus I sebesar 84,5 pada siklus II 88,1. Pada Oral Activities siklus I sebesar 63,0 pada siklus II 65,5. Pada Listening Activities siklus I sebesar 69,0 pada siklus II 76,2. Pada Writing Activities siklus I sebesar 65,5 pada siklus II 70,2. Pada Mental Activities siklus I sebesar 66,7 pada siklus II 80,9. Sedangkan persentase pada hasil belajar diketahui bahwa siswa yang tergolong dalam kategori tuntas pada siklus I sebesar 67,9% sedangkan pada siklus II mencapai 82,1% dengan demikian kategori hasil belajar siswa yang tergolong tuntas mengalami peningkatan sebesar 14,2%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi pokok peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di SDN Bintoro 01 Kecamatan Patrang kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080 210 204 311;-
dc.subjectAktivitas Dan Hasil Belajar Siswa, IPS, Teknik Jigsawen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN BINTORO 01 JEMBER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAWen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf79.82 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools