Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/8636
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDhevy Seshanti-
dc.date.accessioned2013-12-12T07:50:50Z-
dc.date.available2013-12-12T07:50:50Z-
dc.date.issued2013-12-12-
dc.identifier.nimNIM080210204189-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8636-
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerita kelas IV SDN 03 Tapanrejo dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media gambar seri. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT berlangsung dengan prosedur : 1) guru menjelaskan tentang definisi dari cerita. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjelaskan kepada siswa tentang cerita. 2) guru memberikan contoh yang disertai dengan gambar seri bagaimana cara menulis sebuah cerita dengan bantuan gambar seri. 3) siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan memperhatikan urutan dari ganbar seri. 4) guru dan siswa melakukan kesepakatan tiap-tiap inti dari gambar seri tersebut. 5) guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 45 siswa, dan setiap kelompok mendapatkan nomor. 6) guru membagikan LKS kepada setiap kelompok sebagai bahan yang dipelajari. 7) guru membacakan sebuah teks cerita yang berhubungan dengan gambar seri. 8) Dengan bimbingan guru, siswa mengerjakan LKS 8) Nomor yang dipanggil mempresentasikan hasil susunannya dalam mengisi sebuah cerita. Kemampuan siswa kelas IV SDN 03 Tapanrejo dalam menulis cerita, pada siklus I, setelah diterapkan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan gambar seri belum mencapai ketuntasan belajar yang telah ditetapkan oleh SKBM SDN 03 Tapanrejo. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 66,66%, pada siklus II ketuntasan klasikal yang berhasil dilakukan oleh siswa sudah mencapai 88,88% hal ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan terhadap siswa dibandingkan pada siklus I.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204189;-
dc.subjectMENULIS CERITA, Numbered Head Together (NHT), MEDIA GAMBAR SERIen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Numbered Head Together (NHT) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SDN 03 TAPANREJO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf62.84 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools