Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86325
Title: | PROFIL KEMAMPUAN BERNALAR SISWA SMA KELAS XI DI KABUPATEN JEMBER PADA MATERI USAHA DAN ENERGI |
Authors: | Yossyana, Valensa Bachtiar, Rayendra Wahyu Maryani, Maryani |
Keywords: | Kemampuan bernalar penalaran Lawson |
Issue Date: | 19-Jul-2018 |
Abstract: | Kemampuan penalaran turut berkontribusi di dalam fisika misalnya dalam penggunaan konsep-konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan bernalar siswa SMA kelas XI di Kabupaten Jember pada materi usaha dan energi sebagai salah satu modal awal mempelajari fisika. Penalaran yang diteliti yaitu penalaran konservasi, proporsional, identifikasi dan kontrol variabel serta korelasional. Metode yang digunakan yaitu pemberian tes berbentuk pilihan ganda dan uraian secara berpasangan dan wawancara. Teknik skoring dilakukan secara berpasangan dengan memodifikasi teknik skoring milik Lawson. Hasil menunjukkan masih banyak siswa yang menggunakan pemikiranpemikiran non ilmiah dan berdasarkan pengalaman mereka sehari-hari, serta kurang mampu menunjukkan adanya suatu bentuk verifikasi berupa kalimat-kalimat fakta yang dapat mendukung hipotesis atau jawaban. Adanya suatu kontrol dan pengendalian variabel ketika menghadapi persoalan mengenai suatu percobaan ditunjukkan sekitar seperempat dari jumlah responden. Dan kemampuan untuk menunjukkan adanya hubungan antar variabel pada persoalan merupakan kemampuan yang paling menonjol dari penalaran yang lain. |
Description: | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018 (Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Milineal Indonesia dalam Menuju Sustainable Development Goals (SDG's) 2030) |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86325 |
ISSN: | 2527-5917 |
Appears in Collections: | LSP-Conference Proceeding |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. KIP_Prosiding_Maryani_PROFIL KEMAMPUAN BERNALAR.pdf | 736.23 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.