Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86324
Title: | PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS CONCEPT MAPPING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER |
Authors: | Raziqiyah, Siti Afiqah Prihandono, Trapsilo |
Keywords: | Bahan ajar handout fisika berbasis concept mapping penguasaan konsep |
Issue Date: | 19-Jul-2018 |
Abstract: | Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang akan menghasilkan suatu produk bahan ajar yang valid berupa handout fisika berbasis concept mapping, yaitu suatu bahan ajar cetak yang sangat ringkas, tersusun secara sistematis dan memuat pemetaan-pemetaan konsep yang saling berhubungan dan dihubungkan dalam bentuk peta konsep (concept mapping). Penelitian pengembangan ini mengacu pada desain pengembangan Tjeerd Plomp yang terbagi dalam lima fase, yaitu: fase investigasi awal; fase desain; fase realisasi/konstruksi; fase tes, evaluasi, dan revisi; dan fase implementasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji validitas handout fisika berbasis concept mapping pada materi usaha dan energi yang diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Validitas yang digunakan adalah validitas logis dengan dua validator ahli. Terdapat 6 aspek yang akan dinilai dalam lembar validitas yaitu, aspek pendekatan penulisan, aspek kebenaran konsep, aspek kedalaman materi, aspek keluasan konsep, aspek keterlaksanaan, aspek kebahasaan, dan aspek tampilan menyeluruh. |
Description: | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018 (Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Milineal Indonesia dalam Menuju Sustainable Development Goals (SDG's) 2030) |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86324 |
ISSN: | 2527-5917 |
Appears in Collections: | LSP-Conference Proceeding |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. KIP_Prosiding_Maryani_PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA.pdf | 773.24 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.