Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86322
Title: ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA JEMBER
Authors: Wulandari, Tri Asih
Prihandono, Trapsilo
Maryani, Maryani
Keywords: Miskonsepsi
tes diagnostik
suhu dan kalor
Issue Date: 19-Jul-2018
Abstract: Suhu dan kalor merupakan salah satu materi dalam fisika yang di ajarkan di tingkat SMA. Miskonsepsi merupakan suatu konsepsi yang melekat dengan kuat dan stabil dibenak siswa yang sebenarnya menyimpang dari konsepsi yang dikemukakan para ahli, yang dapat menyesatkan para siswa dalam memahami fenomena alamiah dan melakukan eksplanasi ilmiah. Miskonsepsi tersebut akan mengakibatkan siswa mengalami kesalahan yang berulang untuk konsep pada tingkat berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI SMA. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes diagnostik yang berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban, alasan terbuka, disertai tingkat keyakinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada pemahaman materi suhu dan kalor yaitu sebesar 43%. Miskonsepsi yang dialami siswa banyak terjadi pada konsep yang terkait hubungan antara suhu dengan kalor perubahan wujud zat.
Description: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018 (Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Milineal Indonesia dalam Menuju Sustainable Development Goals (SDG's) 2030)
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86322
ISSN: 2527-5917
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Prosiding_Maryani_ANALISIS MISKONSEPSI SISWA.pdf714.97 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.