Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86321
Title: ALAT PERAGA KARAKTERISTIK TRANSISTOR MENGGUNAKAN PAPAN ARDUINO DAN LAPTOP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR
Authors: Nurhasanah, Nurhasanah
Harijanto, Alex
Maryani, Maryani
Keywords: Transistor
Curve Tracer
Arduino
Issue Date: 19-Jul-2018
Abstract: Transistor merupakan komponen penting dalam fisika. Tipe transistor yang bervariasi dengan karakteristik dan spesifikasi yang berbeda, sehingga pengaplikasiannya disesuaikan dengan kebutuhan dalam perancangan. P erbedaan karakteristik tersebut terlihat pada grafik hubungan antara nilai arus kolektor-emitor dengan tegangan kolektor-emitor. Alat untuk menampilkan grafik tersebut adalah menggunakan Curve Tracer. Alat tersebut langsung menampilkan hubungan antaran arus dan tegangan luaran, namun alat tersebut sangat mahal, sehingga tidak semua peneliti atau praktikan dapat menggunakan Curve Tracer. Pada penelitian kali ini, peneliti akan mencoba melakukan percobaan mencari karakteristik transistor dengan menggunakan sebuah papan Arduino dan bantuan Laptop untuk tampilan grafik. Penelitian ini berfokus pada karakteristik transistor menggunakan papan arduino dan laptop. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji karakteristik luaran I C -V transistor menggunakan arduino dan perangkat keras laptop. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah hasil percobaan dan pustaka yang relevan. Hasil Analisis data karakteristik transistor dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dengan menggunakan SPSS versi 22. Analisis yang dihubungkan adalah datasheet dari karakteristik buatan pabrik dengan karakteristik menggunakan papan arduino dan laptop.
Description: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018 (Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Milineal Indonesia dalam Menuju Sustainable Development Goals (SDG's) 2030)
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86321
ISSN: 2527-5917
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Prosiding_Maryani_ALAT PERAGA KARAKTERISTIK TRANSISTOR.pdf683.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.