Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86281
Title: | Pengembangan Penilaian Aspek Afektif Untuk Menunjang Praktik Penilaian Dalam Penerapan Kurikulum 2013. |
Authors: | MUTROFIN AGUSTININGSIH WAHYUNI, Dian Eka |
Keywords: | Penilaian Aspek Afektif Praktik Penilaian Penerapan Kurikulum 2013. |
Issue Date: | 11-Jul-2018 |
Series/Report no.: | 140210204070; |
Abstract: | Pengembangan kurikulum 2013 mencakup beberapa perubahan penting baik dari substansi, proses pembelajaran, peran guru, sampai dengan rancangan pembelajaran dan penilaiannya. Penilaian yang harus dilakukan dalam penerapan kurikulum 2013 berupa penilaian autentik, yaitu penilaian yang menyeluruh atau menekankan pada tiga aspek (kognitif, psikomotor dan afektif) dalam pembelajaran. Berdasarakan observasi awal yang dilakukan pada enam sekolah dasar yaitu SDN Jember Lor 01, SDN Jember Lor 03, SDN Patrang 01 Jember, SDN Sumbersari 01 Jember, SDN Karangrejo 03 Jember, dan SDN Kepatihan 01, sebesar 83% guru mengatakan penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sulit untuk dijabarkan menjadi indikator pembelajaran, padahal indikator pembelajaran merupakan acuan penilaian yang digunakan sebagai tanda tercapainya suatu kompetensi. Oleh karena itu diperlukan pedoman khusus untuk memudahkan guru dalam memberikan penilaian, sehingga hasilnya mendekati benar. Rumusan masalah yang dapat diambil dari permasalahan tersebut yaitu, “Apakah hasil pengembangan instrumen penilaian sikap untuk menunjang praktik penilaian dalam penerapan kurikulum 2013 sudah valid dan reliabel?”. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut, “Untuk mengetahui apakah hasil pengembangan instrumen penilaian sikap untuk menunjang praktik penilaian dalam penerapan kurikulum 2013 sudah valid dan reliabel”. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86281 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Dian Eka Wahyuni - 140210204070.pdf | 6.66 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools