Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86261
Title: Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5.0 Pada Dinas Komunikasi Informatika Dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Banyuwangi
Authors: RETNANI, Windi Eka Yulia
RETNANI, Diah Ayu
STUDYAWAN, Rendar Agung
Keywords: Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5.0 Komunikasi Informatika (DISKOMINFO) Dan Persandian.
Issue Date: 11-Jul-2018
Series/Report no.: 132410101030;
Abstract: Teknologi Informasi (TI) tidak hanya difungsikan sebagai pendukung (support) melainkan menjadi bagian atau penentu kesuksesan. Pengelolaan TI juga diarahkan untuk untuk peningkatan kinerja suatu organisasi dan dianggap sebagai kebutuhan pokok serta tanggungjawab seluruh manajemen dalam suatu organisasi. Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu Kabupaten yang saat ini pengembangan dan penerapan teknologinya sedang maju. E-Government merupakan salah satu pengembangan teknologi yang diterapkan di Kabupaten Banyuwangi oleh Dinas Komunikasi Informatika (DISKOMINFO) dan Persandian. Salah satu kendala yang di hadapi DISKOMINFO dan Persandian adalah kurangnya pengimplementasian proses bisnis menggunakan teknologi informasi. Masih banyak proses bisnis yang dilakukan secara manual diantaranya kuangan, persuratan dan kehadiran karyawan yang masih belum terimplementasi menggunakan TI. Maka diperlukan analisa dan penelitian tentang tata kelola teknologi informasi untuk DISKOMINFO Kabupaten Banyuwangi karena tata kelola teknologi informasi memungkinkan perusahaan dapat memaksimalkan kinerjanya dan mendapatkan keuntungan penuh dari informasi yang dimilikinya. Penulis menggunakan metode COBIT 5.0 untuk mengevaluasi tata kelola teknologi informasi DISKOMINFO Kabupaten Banyuwangi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86261
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rendar Agung Studyawan - 132410101030.pdf8.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools