Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86157
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SURATNO | - |
dc.contributor.advisor | HARIYADI, Slamet | - |
dc.contributor.author | SHOLEHA, Walidatus | - |
dc.date.accessioned | 2018-07-04T05:05:08Z | - |
dc.date.available | 2018-07-04T05:05:08Z | - |
dc.date.issued | 2018-07-04 | - |
dc.identifier.nim | NIM140210103011 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86157 | - |
dc.description.abstract | Biologi merupakan salah satu bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang makhluk hidup dan segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk hidup dengan menggunakan istilah-istilah yang pada umumnya berupa istilah latin, salah satunya pada konsep Protozoa, selain itu dalam pembelajaran biologi terdapat konsep pembelajaran yang kurang runtut dan cenderung untuk dihafal yang menyebabkan minat dan hasil belajar siswa masih rendah. Kemampuan guru Biologi dalam meningkatkan keterampilan metakognisi siswa masih kurang, salah satu contohnya di SMAN 1 Pakusari, Jember. Keterampilan metakognisi siswa dalam belajar merupakan salah satu aspek yang sangat penting, karena kemampuan metakognisi mengarah pada berpikir tingkat tinggi yang mencakup kontrol aktif terhadap proses kognitif selama belajar. Siswa sebagai subjek belajar harus berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang mengutamakan keterlibatan siswa dalam membangun pengetahuannya dapat dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Namun salah satu kelemahan dari inkuiri adalah beberapa siswa yang kurang aktif dalam kelompoknya, sehingga guru harus memiliki cara lain untuk memotivasi dan membantu siswa untuk bersinergi dengan anggota kelompoknya. Kelemahan pada inkuiri tersebut dapat diatasi dengan collaborative learning yaitu suatu strategi pembelajaran, dimana para siswa dengan variasi yang bertingkat bekerjasama dalam kelompok kecil kearah satu tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis collaborative learning pada konsep protozoa terhadap kesadaran metakognisi siswa. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210103011; | - |
dc.subject | Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Collaborative learning, | en_US |
dc.subject | Pada Kosep Protozoa Terhadap Kesadaran Metakognisi Dan Hasil Belajar Siswa; | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING PADA KONSEP PROTOZOA TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Walidatus Sholeha - 140210103011.pdf-.pdf | 4.14 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools