Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86156
Title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Authors: SUHARTININGSIH
MARDIATI, Yayuk
MAYLANINGRUM, Tia
Keywords: Pengaruh Penggunaan Media Video,
Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV.
Issue Date: 4-Jul-2018
Series/Report no.: 140210204113;
Abstract: Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting, karena dengan membaca seseorang dapat menemukan informasi. Pada kelas tinggi, siswa dituntut untuk dapat menguasai keterampilan membaca pemahaman. Masalah yang kemudian muncul terjadi pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 01 Jember, setelah melakukan wawancara dengan guru kelas dan siswa didapatkan masalah yaitu kurangnya penerapan membaca pemahaman yang disebabkan oleh penggunaan media yang kurang bervariatif dalam pembelajaran seperti hanya menggunakan teks bacaan saja. Hal tersebut menyebabkan siswa terlalu lama memahami isi bacaan dan berakibat pada menurunnya minat membaca siswa. Solusi yang dapat digunakan adalah memotivasi siswa untuk gemar membaca dan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, yaitu dengan cara menggunakan suatu media sebagai pengganti buku teks. Media yang digunakan berupa media video yang di dalamnya berisikan teks bacaan. Dengan teks yang disajikan dalam bentuk video ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah menyerap informasi, karena teks dalam video juga ditunjang dengan gambar bergerak atau visualisasi serta musik latar yang menarik perhatian siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan membaca pemahaman siwa kelas IV SDN Kepatihan 01 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86156
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tia Maylaningrum - 140210204113.pdf-.pdf5.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools