Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86154
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SURATNO | - |
dc.contributor.advisor | HARIYADI, Slamet | - |
dc.contributor.author | MASRUROH, Siti | - |
dc.date.accessioned | 2018-07-04T04:29:24Z | - |
dc.date.available | 2018-07-04T04:29:24Z | - |
dc.date.issued | 2018-07-04 | - |
dc.identifier.nim | NIM130210103048 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86154 | - |
dc.description.abstract | Fakta-fakta ketika dilakukan observasi di SMP Negeri 1 Jelbuk menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai ulangan harian pada materi sebelumnya yang diperoleh kelas VII C tergolong paling rendah, sehingga perlu dilakukan suatu tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMP Negeri 1 Jelbuk adalah 75. Dari 35 siswa yang mendapat nilai diatas KKM hanya 3 siswa dan 32 siswa lainnya masih berada dibawah nilai KKM, jadi secara klasikal hanya 8,6% siswa dalam satu kelas yang lulus KKM. Pada kelas VII C ini terlihat kurangnya perhatian maupun semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Menurut guru mata pelajaran IPA tersebut siswa kurang tanggap terhadap tugas yang diberikan guru dibadingkan dengan kelas lainnya. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan juga masih rendah, hal ini berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengkombinasikan berpikir logis dan divergen. Permasalahan lainya yaitu mengenai perhatian siswa pada saat pembelajaran berlangsung, siswa lebih sering berbicara dengan teman sebangkunya. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut maka keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa harus ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif sehingga keterampilan berpikir kreatifnya dapat berkembang, serta model pembelajaran yang dapat menjadikan masalah dikelas seperti berbicara dengan teman sebangku menjadi salah satu tahapan dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang mengelompokkan siswa dengan teman sebangku yaitu salah satunya model pembelajaran Think Pair Share (TPS). | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210103048; | - |
dc.subject | Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), | en_US |
dc.subject | dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif, | en_US |
dc.subject | dan Hasil Belajar IPA Biologi | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMP N 1 JELBUK JEMBER (MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN) | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Siti Masruroh - 130210103048.pdf-.pdf | 5.23 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools