Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86072
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUNARDI-
dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik-
dc.contributor.authorPRIHARTANTO, Y. Danni-
dc.date.accessioned2018-06-29T01:44:58Z-
dc.date.available2018-06-29T01:44:58Z-
dc.date.issued2018-06-29-
dc.identifier.nimNIM140220101006-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86072-
dc.description.abstractSeorang guru dituntut untuk selalu bersikap kreatif dan inovatif dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Untuk itu guru membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan tidak lupa mengaitkan konsep-konsep matematika ke dalam kehidupan sehari-hari anak. Salah satu model pembelajaran yang memperhatikan keterampilan berpikir kritis siswa dan menuntut keaktifan siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL). Dalam PBL, matematika tidak dipandang sebagai ilmu jadi atau bidang kajian yang sudah jadi, tetapi dipandang sebagai sesuatu yang harus dikonstruksi sendiri oleh siswa. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dengan pendekatan saintifik model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran pendekatan saintifik model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada model pengembangan 4-D yang terdiri atas empat tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Kedua jenis data, kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan dari validator, praktisi maupun siswa serta catatan lapangan. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi, skor pada lembar observasi, skor hasil tes hasil belajar materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) SMP kelas VIII serta angket respon siswa. Kegiatan analisis data digunakan untuk menilai apakah perangkat yang dikembangkan tersebut telah memenuhi syarat valid, praktis dan efektif. Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validasi 2,85 untuk RPP; 2,92 untuk Lembar Kerja Siswa; 2,76 untuk lembar penilaian aktivitas siswa; 2,82 untuk lembar penilaian aktivitas guru; 2,90 untuk lembar Tes Hasil Belajar; dan 2,78 untuk angket respon siswa. Nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa perangkat telah memenuhi kriteria valid. Kepraktisan dan keefektifan didapat dari hasil uji coba lapangan kelompok besar yang dilakukan di SMP Negeri 2 Balung. Kepraktisan didapat dari hasil observasi aktivitas guru yang menunjukkan nilai 91,7% dengan kriteria baik. Ini berarti bahwa perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kedua yaitu praktis. Sedangkan keefektifan dinilai dari tiga hal, yaitu hasil nilai THB siswa yang menunjukkan 97,06% siswa yang tuntas; hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan nilai 3,34 yang artinya aktif; dan hasil respon siswa yang menunjukkan kriteria positif dengan nilai 75,13%. Dari ketiga hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat telah memenuhi kriteria efektif. Dan karena peneliti kurang memperhatikan kesetaraan antar soal mengakibatkan peningkatan kemampuan berpikir kritis hanya 35,29% dengan kategori sangat rendah. Namun peneliti memprediksi perangkat ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis lebih baik lagi karena hasil validasi perangkat yang valid, praktis dan efektif Dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan pendekatan saintifik model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis ini dapat digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi guru pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) SMP kelas VIII karena telah memenuhi tiga kriteria, yaitu valid, praktis dan efektif. Selanjutnya, diperlukan uji coba pada sekolah lain yang berbeda kondisi untuk mendapatkan perangkat yang lebih berkualitas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140220101006;-
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT-Mathematic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Y. DANNI PRIHARTANTO, S.Pd - 140220101006_.pdf53.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.