Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86065
Title: PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI IPHONE REKONDISI TANPA JAMINAN KUALITAS DAN GARANSI RESMI
Authors: Wahjuni, Edi
Zulaika, Emi
MACHDIAR, SYAHRIZAL ARIF
Keywords: TRANSAKSI JUAL BELI
Issue Date: 29-Jun-2018
Abstract: Kemajuan yang terjadi pada era modern saat ini membawa dampak besar dalam kehidupan masyarakat, Terutama kemajuan pada bidang teknologi, dimana kebutuhan masyarakat saat ini dalam melakukan aktivitasnya membutuhkan suatu teknologi yang dapat membantu dan menunjang kebutuhan maupun gaya hidup. Untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup tersebut maka masyarakat dapat melakukan suatu transaksi jual beli barang dan/atau jasa, dimana transaksi jual beli itu timbul karena adanya suatu perikatan yang mendasari jual beli tersebut, dalam melakukan perikatan yang akan menimbulkan perjanjian antara kedua belah pihak maka harus dilakukan dengan asas itikad baik, dimana pada transaksi di zaman modern saat ini asas itikad baik seringkali diabaikan oleh pihak pelaku usaha, seperti yang terjadi dalam kasus transaksi jual beli iphone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi yang menimbulkan kerugian pada konsumen yang mengkonsumsi barang tersebut. Konsumen yang dirugikan oleh pihak pelaku usaha berhak medapata perlindungan hukum atas hak-haknya sesuai yang terdapat dalam Undang-Unang Perlindungan Konsumen, maka dari itu upaya perlindungan hukum terhadap konsumen sangat diperlukan keberadaanya.Rumusan masalah yang terdapat dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Bentuk perlindungan hukum bagi konsumen dalam transaksi jual beli iphone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi? (2) Tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen dalam transaksi jual beli iphone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi? (3) Upaya penyelesaian yang dilakukan konsumen jika telah dirugikan dalam transaksi jual beli iphone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi? .Tujuan penulisan dalam skripsi ini teridiri dari tujuan umum yaitu untuk memenuhi salah satu syarat dan tugas menyelesaikan studi meraih gelar Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Jember dan tujuan khusus yaitu untuk mengetahui dan memahami bentuk perlindungan hukum tehadap konsumen dalam transaksi jual beli iphone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penulisan yuridis normatif yang menerapkan kaidah-kaidah hukum positif, dalam penulisan skripsi ini digunakan beberapa pendekatan yaitu pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Bahan-bahan hukum yang digunakan dalam penulisan skripsi ini meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan non hukum untuk analisa dalam penulisan skripsi ini analisa yang digunakan adalah dengan metode analisa deduktif, yang digunakan untuk menarik kesimpulan yang berasal dari hal yang bersifat umum menjadi permasalahan yang bersifat khusus sehingga dapat ditarik dalam bentuk argumentasi dan memberikan preskripsi berdasarkan argumentasi yang dibangun dari kesimpulan. Tinjauan pustaka dalam penulisan skripsi ini terdiri dari Pertama yaitu perlindungan konsumen yang meliputi pengertian perlindungan konsumen, tujuan perlindungan konsumen, asas-asas perlindungan konsumen.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86065
Appears in Collections:UT-Faculty of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SYAHRIZAL ARIF MACHDIAR-130710101015.pdf SDH.pdf1.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools