Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86034
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | NURIMAN | - |
dc.contributor.advisor | HUTAMA, Fajar Surya | - |
dc.contributor.author | URIYAH, Novita Cahyatul | - |
dc.date.accessioned | 2018-06-28T01:49:17Z | - |
dc.date.available | 2018-06-28T01:49:17Z | - |
dc.date.issued | 2018-06-28 | - |
dc.identifier.nim | NIM140210204078 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86034 | - |
dc.description.abstract | Miskonsepsi sering terjadi pada mata pelajaran IPA yang dekat sekali dengan kehidupan siswa. Siswa seringkali menyederhanakan dan membuat konsep yang kurang berdasar dari pemikiran para ahli. Miskonsepsi dan ketidakpahaman materi merupakan dua hal yang berbeda. Metode CRI adalah suatu cara yang dapat membedakan siswa paham konsep yang benar, siswa tidak tahu konsep, siswa menebak, dan siswa miskonsepsi. Salah satu materi yang dekat sekali dengan siswa adalah materi tentang perkembangbiakan tumbuhan. Materi ini diakui guru sulit untuk disampaikan, karena banyaknya cakupan materi dan diperlukan pengamatan dalam proses pembelajarannya. Kesulitan itu juga dirasakan oleh siswa, sehingga tidak jarang materi ini adalah materi yang sering dimiskonsepsikan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi materi perkembangbiakan tumbuhan menggunakan CRI pada siswa kelas VI SD. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Jember Kidul 02 tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 41 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Prosedur penelitian ini meliputi wawancara awal dengan guru kelas, penyusunan dan validasi instrumen tes, identifikasi miskonsepsi siswa dengan tes pilihan ganda disertai tingkat keyakinan (CRI), mengolah data hasil penelitian, analisis data, lalu menarik kesimpulan. Siswa diminta untuk menjawab soal yang menurut mereka paling tepat dan memberikan nilai CRI pada lembar jawaban. Skala CRI yang digunakan adalah skala yang disusun oleh Hasan, Bagayoko, dan Kelley yaitu 0-5. Setelah itu siswa dianalisis perbutir soal jika siswa menjawab benar dan mempunyai nilai CRI yang rendah (0-2) dapat menandakan jawaban yang benar pada siswa merupakan faktor keberuntungan yaitu dengan menebak (Mn). Jika jawaban siswa benar dan mempunyai nilai CRI yang tinggi (3-5) menandakan siswa mempunyai konsep pengetahuan yang benar (PK). Jika siswa memiliki jawaban yang salah dan nilai CRI rendah (0-2), maka menandakan siswa tidak tahu konsep pengetahuan yang benar (TTK). Jika jawaban salah tetapi siswa memiliki nilai rata-rata CRI yang tinggi (3-5), maka dapat dipastikan siswa memiliki miskonsepsi (M). Setelah itu dilakukan penghitungan persentase lalu dikategorikan miskonsepsi itu ke dalam kategori rendah, sedang, dan tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah metode CRI efektif dalam mengidentifikasi siswa yang mengalami miskonsepsi. Banyak siswa kelas VI di SDN Jember Kidul 02 yang terindikasi mengalami miskonsepsi pada materi perkembangbiakan tumbuhan. Hal ini dikarenakan banyak sekali siswa yang menjawab soal dengan pengetahuannya sendiri, tetapi jawaban yang siswa berikan adalah jawaban yang salah (jawaban pengecoh). Setelah siswa menjawab salah, banyak siswa merasa yakin dengan jawaban mereka yang tertera pada lembar soal. Siswa kelas VI SDN Jember Kidul 02 mengalami miskonsepsi materi perkembangbiakan tumbuhan dengan persentase 50,11%. Persentase tersebut dikategorikan sedang. Miskonsepsi tertinggi pada materi menjelaskan bunga sempurna yaitu sebesar 97,56%, sedangkan terendah pada materi mengidentifikasi perantara penyerbukan oleh serangga berdasarkan ciri-ciri bunga yaitu sebesar 7,32%. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat memberikan perhatian kepada siswa seperti dengan menggabungkan beberapa metode pembelajaran untuk mengajarkan materi tersebut agar dapat meminimalisir miskonsepsi pada materi perkembangbiakan tumbuhan. Metode CRI ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi konsep-konsep lainnya dengan terlebih dahulu menjelaskan secara detail bagaimana penggunaannya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210204078; | - |
dc.subject | CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) | en_US |
dc.subject | SISWA | en_US |
dc.title | ANALISIS MISKONSEPSI MATERI CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA SISWA KELAS VI SD | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Novita Cahyatul Uriyah - 140210204078_.pdf | 6.18 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools