Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86020
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SATRIJONO, Hari | - |
dc.contributor.advisor | AGUSTININGSIH | - |
dc.contributor.author | SUPRAPTO, Lianita Ana | - |
dc.date.accessioned | 2018-06-28T00:41:24Z | - |
dc.date.available | 2018-06-28T00:41:24Z | - |
dc.date.issued | 2018-06-28 | - |
dc.identifier.nim | NIM140210204121 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86020 | - |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Rancangan penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Sumber data berasal dari 7 buku cerita yang kemudian diambil 12 cerita rakyat di dalamnya, yaitu cerita “Rangga Pesu”, “Timun Emas”, “Legenda Kawah Sikidang”, “Roro Jonggrang”, “Situ Bagendit”, “Si Pitung”, “Batu Kuwung”, “Legenda Gunung Arjuna”, “Aji Saka”, “Pangeran Pandanaran”, “Bunga Candra Kusuma” dan “Rawa Pening”. Analisis data yang dilakukan terdiri dari empat tahap yakni tahap pembacaan, tahap reduksi dan kode, tahap penyajian data dan yang terakhir adalah tahap verifikasi dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan, nilai-nilai kebajikan dalam kumpulan cerita rakyat Jawa terdapat 10 nilai kebajikan. Diantaranya nilai kebijaksanaan, keberanian, cinta tanah air, ambisius, optimisme, pengharapan, cinta keluarga, keadilan, kerja keras dan kesabaran. Pemanfaatan cerita rakyat sebagai alternatif bahan ajar di sekolah dasar dapat diterapkan pada kelas tinggi dan juga kelas rendah. Untuk kelas tinggi diterapkan pada kelas 6 sekolah dasar dengan menggunakan Kompetensi Dasar 3.9. Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi, Kompetensi Dasar 4.9. Menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis dan visual. Untuk kelas rendah yakni kelas 3 dapat menggunakan Kompetensi Dasar 3.8. Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan, Kompetensi Dasar 4.8. Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan kesimpulan bahwa nilai-nilai kebajikan yang terdapat dalam kumpulan cerita rakyat di Jawa yang biasa dibaca oleh anak-anak memiliki nilai kebajikan. Nilai kebajikan yang terdapat dalam kumpulan cerita rakyat tersebut antara lain nilai kebijaksanaan, keberanian, cinta tanah air, ambisius, optimisme, pengharapan, cinta keluarga, keadilan, kerja keras dan kesabaran. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210204121; | - |
dc.subject | CERITA RAKYAT JAWA | en_US |
dc.subject | BAHAN AJAR | en_US |
dc.title | NILAI-NILAI KEBAJIKAN DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT JAWA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH DASAR | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Lianita Ana Suprapto - 140210204121_.pdf | 1.5 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools