Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85994
Title: PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN DIVISI ANTARAN PT. POS INDONESIA CABANG JEMBER
Authors: Sutrisno
Pramono, Eko Rudy
Muyasyaroh, Novia
Keywords: MOTIVASI KERJA
Issue Date: 26-Jun-2018
Abstract: Kinerja karyawan yang tinggi dapat dicapai dengan meningkatkan perilaku Intra-role. Perilaku Intra-role ini adalah perilaku yang telah terdeskripsi secara formal yang harus dikerjakan dalam suatu organisasi. Kenyataan yang ada adalah banyak perilaku yang tidak terdeskripsi secara formal yang dilakukan oleh karyawan, misalnya membantu rekan kerja menyelesaikan tugas, kesungguhan dalam mengikuti rapat- rapat perusahaan, sedikit mengeluh banyak bekerja, dan lain-lain. Perilaku- perilaku ini dalam sebuah organisasi disebut sebagai perilaku extra-role atau yang lebih dikenal dengan istilah Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Hui, dkk dalam Hardaningtyas, 2004). “Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi perilaku karyawan. Karyawan yang menampilkan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dapat disebut dengan good citizen (karyawan yang baik). Jika karyawan dalam suatu organisasi memiliki Organizational Citizenship Behavior (OCB), maka ia dapat mengendalikan perilakunya sendiri sehingga mampu memilih perilaku yang terbaik untuk kepentingan organisasinya. Oleh karena itu, organisasi tidak akan berhasil dengan baik atau tidak dapat bertahan tanpa ada anggota-anggotanya yang bertindak sebagai good citizens “ (Markoczy & Xin, dalam Hardaningtyas, 2004). Karyawan-karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) tinggi, akan meningkatkan produktivitas dan kesuksesan dirinya di dalam suatu organisasi dan kesuksesan itu tidak dilakukan untuk dirinya sendiri saja tetapi juga untuk kepentingan organisasi itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui kuisioner dari responden. Data sekunder diperoleh dari data yang mendukung dari perusahaan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85994
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Novia Muyasyaroh-140910202039.pdf SDH.pdf2.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools