Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85959
Title: IMPLIKATUR TINDAK TUTUR PRAMUNIAGA DEMPO COSMETIC DI PUSAT PERBELANJAAN JEMBER
Authors: MUJI
WIDJAJANTI, Anita
PRASETYIYO, Anggik Budi
Keywords: TINDAK TUTUR
DEMPO COSMETIC
Issue Date: 25-Jun-2018
Series/Report no.: 140210402072;
Abstract: Bahasa merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan manusia. Pentingnya bahasa bagi manusia dapat tercermin dari penggunaan bahasa oleh suatu masyarakat tutur. Masyarakat tutur dapat diartikan sebagai kelompok orang yang memakai bahasa tertentu, atau yang berpegang pada suatu bahasa yang sama. Bahasa yang digunakan oleh suatu masyarakat tutur berfungsi sebagai alat komunikasi dalam berbagai peristiwa tutur. Peristiwa tutur tersebut dapat berlangsung dimana pun dan kapan pun. Dalam suatu peristiwa tutur di dalamnya terdapat tindak tutur yang mengandung daya tertentu yang disebut dengan daya pragmatik. Peristiwa tutur yang mengandung daya pragmatik contohnya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pramuniaga Dempo Cosmetic di pusat perbelanjaan Jember. Pramuniaga Dempo Cosmetic menggunakan median jalan, pintu masuk dan keluar yang ada di pusat perbelanjaan Jember untuk memasarkan produknya. Situasi tersebut mengharuskan pramuniaga untuk memaksimalkan keterampilan bertutur untuk menarik calon konsumen. Hal ini menjadi pembeda dengan produk lain yang melakukan pemasaran di pertokoan. Selain hal tersebut, situasi semacam itu memungkinkan pramuniaga berinteraksi dengan banyak calon konsumen yang masuk atau pun keluar pusat perbelanjaan Jember, sehingga tuturan yang digunakan dapat bervariasi. Dalam proses pemasaran tersebut tentunya banyak tuturan yang muncul dan tuturan-tuturan tersebut dapat diindikasikan mengandung implikatur di dalamnya dengan disertai konteks yang mendukung terjadinya implikatur. Sehingga, dalam penelitian ini mencakup beberapa permasalahan yaitu 1) implikatum dari berbagai implikatur tindak tutur, 2) konteks pendukung terjadinya implikatur tindak tutur. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini ialah segmen tutur dan konteks tutur dalam kegiatan pemasaran produk Dempo Cosmetic di pusat perbelanjaan Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi yang di dalamnya terdapat kegiatan merekam dan simak catat. Analisis data yang dilakukan yaitu tediri atas empat proses yaitu reduksi data, penyajian data, penginterpretasian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikatum dari berbagai implikatur yang muncul dalam tindak tutur pramuniaga yaitu; 1) implikatum meminta, 2) implikatum menyarankan, 3) implikatum menawarkan, 4) implikatum meyakinkan, 5) implikatum membandingkan, 6) implikatum menyuruh, dan 7) implikatum melarang. Dalam penelitian ini juga ditemukan konteks yang mendukung terjadinya implikatur tindak tutur. Konteks tutur yang ditemukan ialah konteks kotekstual, aksiologis, psikologis, dan gabungan konteks kotekstual dengan aksiologis. Berdasarkan hasil penelitian, hal-hal yang dapat disarankan ialah hasil Penelitian ini disarankan sebagai salah satu bahan pengembangan materi pembelajaran yang berkaitan dengan kompetensi berbicara maupun menulis pada teks negosiasi. Hasil penelitian ini juga disarankan kepada guru SMK bidang keahlian pemasaran sebagai bahan pembelajaran dalam rangka menambah keterampilan siswa dalam memasarkan suatu produk yang menekankan pada aspek kebahasaan. Saran selanjutnya ialah permasalahan yang berkaitan dengan implikatur masih banyak yang belum dikaji, maka perlu dipertimbangkan adanya penelitian lebih lanjut tentang permasalahan-permasalahan yang terkait dengan penelitian ini dengan bahasan yang lebih luas.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85959
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anggik Budi Prasetiyo - 140210402072_.pdf1.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools