Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85916
Title: KOMPETENSI INTI USAHA KECIL MAKANAN KHAS BERBASIS TAPE SINGKONG DI KABUPATEN JEMBER (Studi pada Usaha Dagang Primadona)
Authors: POERNOMO, Djoko
PUSPITANINGTYAS, Zarah
MUNIR, MOH.Miftahul
Keywords: USAHA KECIL
MAKANAN KHAS
TAPE SINGKONG
Issue Date: 22-Jun-2018
Series/Report no.: 120920101028;
Abstract: Makanan berbasis tape singkong merupakan makanan yang menjadi warisan nenek moyang dan memberikan sebuah kebanggaan karena di dalamnya kaya akan seni, kreatifitas, dan ide. Berbagai produk makanan khas suatu daerah juga banyak ditemukan makanan khas yang berbahan baku tape singkong dan dilakukan oleh usaha kecil. Oleh karena itu perlu menjaga eksistensi akan produk makanan olahan tersebut sehingga produk makanan olahan berbasis tape singkong memiliki keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Sebuah Keunggulan bersaing yang berkelanjutan bisa diwujudkan dengan menemukan sumber daya dan kapabilitas yang menjadi kompetensi inti sehingga produk yang dihasilkan memiliki keunikan dan berbeda dengan pesaing. Penelitian ini dimaksudkan mengetahui dan menjelaskan kompetensi inti usaha kecil makanan khas berbasis tape singkong di kabupaten Jember dengan mengambil lokus penelitian pada usaha dagang Primadona. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuaalitatis dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus dipilih untuk mengungkap fenomena yang muncul sehingga bissa diketahui kompetensi inti usaha dagang Primadona. Fokus penelitian ini adalah pada upaya menemukan kompetensi inti yang kemudian dikonstruksi menjadi sebuah model. Informan penelitian adalah pemilik usaha dagang Primadona dengan pertimbangan bahwa pemilik memahami topik penelitian. Analisis data menggunakan analisis model interaksi yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi inti yang dimiliki oleh usaha dagang primadona aantara lain sumber daya manusia, sumber daya pengetahuan, sumber daya reputasi, sumber daya pengalaman, sumber daya keahlian, dan kapabilitas pemasaran. Sumber daya dan kapabilitas inti tersebut dirancang melalui mekanisme perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi sehingga kompetensi yang dimiliki terukur.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85916
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MOH. MIFTAHUL MUNIR -120920101028_.pdf1.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools