Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85841
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Muji | - |
dc.contributor.advisor | Widjajanti, Anita | - |
dc.contributor.author | Budi, Eko Setyo | - |
dc.date.accessioned | 2018-06-06T03:22:32Z | - |
dc.date.available | 2018-06-06T03:22:32Z | - |
dc.date.issued | 2018-06-06 | - |
dc.identifier.nim | NIM 120210402097 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85841 | - |
dc.description.abstract | Kesantunan berbahasa merupakan suatu sikap santun dalam bertutur. Kesantunan dalam tuturan digunakan setiap aspek pembelajaran, seperti dalam proses pembelajaran di kelas 1. Tuturan dalam proses pembelajaran di kelas 1 pada saat pembelajaran tentunya siswa memperhatikan aspek-aspek kesantunan. Analisis kesantunan berbahasa dalam penelitian ini berupa serangkaian prosedur yaitu: pengumpulan segmen tutur dari rekaman percakapan, pengenalan perihal kesantunan, pengklasifikasi skala, fungsi, dan strategi dari kesantunan tuturan. Berdasarkan alasan tersebut, permasalahan dari penelitian ini meliputi: 1) bagaimanakah kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran berdasarkan prinsip Robin T Lakoff?, 2) bagaimanakah fungsi kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran?, 3) bagaimanakah strategi kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran?. Tujuan penelitian ini ialah mendiskripsikan hasil temuan yang berupa, 1) Kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran berdasarkan prinsip Robin T Lakoff, 2) Fungsi kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran, 3) strategi kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran?. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pragmatig. Metode pengumpulan data yang dipilih adalah simak catat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | BERBAHASA INDONESIA | en_US |
dc.title | KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS I DI SMP NEGERI 3 SILO DALAM PROSES PEMBELAJARAN | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Eko Setyo Budi - 120210402091.pdf SDH.pdf | 711.46 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools