Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85810
Title: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor
Authors: Lemono, Albertus Djoko
Maryani
Arifin, Zainal
Keywords: Problem Based Learning
Lembar Kerja Siswa
Issue Date: 28-May-2018
Series/Report no.: 130210102077;
Abstract: Suatu pembelajaran tidak akan terlepas dari sumber belajar. Sumber belajar yang digunakan di sekolah pada umumnya adalah buku paket dan LKS. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMA NU Genteng, menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan belum berorientasi kepada siswa untuk melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Penggunaan bahan ajar yang belum mengoptimalkan keikutsertaan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu penyebab kurang memaksimalkan hasil belajar kognitif siswa. Pengembangan bahan ajar LKS berbasis Problem Based Leaerning (PBL) pada pokok bahasan suhu dan kalor. Diintegarsikannya model PBL diharapkan mampu membantu siswa dalam memahami konsep fisika lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKS berbasis PBL, efektifitas bahan ajar berbasis PBL, dan kepraktisan bahan ajar berbasis PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk memperoleh produk. Produk yang dimaksud berupa LKS fisika berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor dengan subjek penelitiannya siswa kelas X1 1 di SMA NU Genteng. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sumber data dari penelitian ini berupa hasil validasi bahan ajar, hasil pretest dan posttest, dan lembar observasi respon siswa setelah menggunakan LKS.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85810
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Zainal Arifin 130210102077.pdf1.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools