Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85671
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSusanto-
dc.contributor.advisorYulianti, Nanik-
dc.contributor.authorKusumawardani, Linda-
dc.date.accessioned2018-05-04T01:29:40Z-
dc.date.available2018-05-04T01:29:40Z-
dc.date.issued2018-05-04-
dc.identifier.nimNIM 160220101009-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85671-
dc.description.abstractPembelajaran matematika yang berlangsung saat ini bersifat prosedural, Siswa belum terbiasa untuk menyelesaikan soal nonrutin sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan pemecahan masalah matematis mereka belum terlatih. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang dicapai siswa Indonesia dalam PISA masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dilakukan guna mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika adalah dengan cara mengetahui bagaimana proses berpikir siswa ketika menyelesaikan pemecahan masalah baik masalah terbuka maupun tertutup dengan empat tahap pemecahan masalah Polya. Pada setiap langkah penyelesaian dari Polya, seseorang akan mengalami proses berpikir yang didasarkan pada kerangka kerja asimilasi dan akomodasi. Seseorang dapat memecahkan suatu masalah dengan baik apabila didukung oleh kemampuan menghadapi rintangan yang baik pula karena tidak semua orang memiliki kemampuan berpikir yang sama. Dari sinilah Adversity Quotient (AQ) dianggap memiliki peran penting dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dengan AQ tinggi (climber), AQ sedang (camper), dan AQ rendah (quitter) kelas VIII-C SMP Negeri 2 Jember dalam memecahkan masalah terbuka (open-ended) model PISA konten Space and Shape dengan berbagai kemungkinan jawaban benar berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah terbuka, pedoman wawancara, serta lembar validasi tes dan lembar validasi pedoman wawancara.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBERPIKIR SISWAen_US
dc.titlePROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED MODEL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Linda Kusumawardani - 160220101009.pdf SDH.pdf3.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools