Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85564
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKoekoeh, Robertoes-
dc.contributor.advisorAhmad Syuhri-
dc.contributor.authorVayendra, Dwi Devi-
dc.date.accessioned2018-04-25T02:26:01Z-
dc.date.available2018-04-25T02:26:01Z-
dc.date.issued2018-04-25-
dc.identifier.nim131910101005-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85564-
dc.description.abstractTransportasi umum bus adalah salah satu transportsi paling disukai oleh rakyat yaitu jasa alternatif yang banyak diminati oleh pengguna jasa layanan transportasi. Hal tersebut karena jasa transportasi bus relatif lebih murah untuk perjalanan jarak jauh dibandingkan dengan jasa transportasi lain. Konsumen pasti berharap agar jasa transportasi mengoptimalkan layanan sesuai keinginan mereka. Salah satunya adalah kenyamanan dari jasa transportasi bus tersebut. Kenyamanan adalah suatu kondisi perasaan seseorang yang merasa nyaman berdasarkan persepsi masing-masing individu. Sedangkan nyaman merupakan suatu keadaan telah terpenuhinya kebutuhan dasar manusia yang bersifat individual akibat beberapa faktor kondisi lingkungan. Sikap duduk dapat menjadi faktor yang menimbulkan keluhan subyektif. Dalam ergonomi postur tubuh adalah faktor yang sangat penting, salah satunya postur duduk yang setiap orang lakukan setiap hari dalam durasi berjam-jam. Tujuan utama membuat disain ergonomi untuk kursi atau tempat duduk adalah menciptakan sedemikian rupa bentuk kursi sehingga dapat mempertahankan postur tulang punggung yang fisiologis, dengan demikian diharapkan kerja otot tidak perlu berkontraksi. Penelitian ini adalah studi kasus kursi penumpang bus ekonomi pada salah satu perusahaan. Pada penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung pada bus ekonomi. Observasi ini dilakukan dengan mengukur dimensi fisik pada kursi penumpang bus yang telah ada dan membagikan lembar kuesioner kepada penumpang bus untuk menentukan bagian kursi yang akan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen/penumpang bus. Selanjutnya dilakukan proses pengukuran antropometri orang Indonesia untuk merancang kursi penumpang bus ekonomi yang ergonomis sesuai dengan antropometri orang Indonesia. Pada penelitian ini hasil observasi akan dianalisa menggunakan metode Ergonomic Function Deployment (EFD) untuk memudahkan selama proses perancangan dan pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil perhitungan persentil antropometri diperoleh dimensi kursi penumpang bus ekonomi adalah tinggi sandaran punggung 956 mm, panjang dudukan 370 mm, lebar dudukan 457 mm, panjang sandaran tangan 304 mm, tinggi sadaran tangan 89 mm, tinggi dudukan kursi 349 mm. Persentil yang digunakan adalah presentil ke 5, 50, dan 95 dengan menggunakan software inventoren_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD)en_US
dc.titleANALISIS DAN PERANCANGAN KURSI PENUMPANG BUS EKONOMI DENGAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dwi Devi Vayendra - 131910101005.pdf2.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools