Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85239
Title: PENGEMBANGAN MODUL CAC (CONTEXTUAL, ANALYTICAL, AND CONCEPTUAL) UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DASAR PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
Authors: Indrawati
Yushardi
KADARMANTO, AGUS
Keywords: PEMBELAJARAN FISIKA DASAR
Issue Date: 5-Apr-2018
Abstract: Pendidikan berperan penting dalam perkembangan kemajuan suatu bangsa, karena dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa tersebut. Berdasarkan hasil survei PISA tahun 2012 dan hasil survei PISA tahun 2015, dapat diketahui gambaran kualitas pendidikan di Indonesia yang harus segera diperbaiki secara keseluruhan baik dalam pengetahuan, sikap maupun keterampilan agar dapat bersaing dengan negara-negara berkembang lainnya, khususnya negara-negara yang mengikuti program PISA. Kualitas pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari peran Perguruan Tinggi dalam menyiapkan mahasiswa calon guru untuk menjadi guru yang profesional sesuai dengan kompetensinya ketika belajar di Perguruan Tinggi. Salah satu program studi yang diselenggaran oleh Perguruan Tinggi adalah Program Studi Pendidikan Fisika yang akan menghasilkan calon guru fisika. Pada umumnya proses perkuliahan di Perguruan Tinggi telah dirancang dengan baik agar terpusat pada mahasiswa (student centered learning) dan kontekstual dengan menyajikan contoh-contoh nyata yang terjadi dalam kehidupan, dengan metode atau model pembelajaran tertentu, tetapi karena terbatasnya bahan ajar yang disusun untuk pembelajaran SCL dan kontekstual, maka proses pembelajarannya cendrung konvensional dengan metode ceramah dan penugasan, sehingga aktivitas mahasiswa dalam memecahkan masalah sesuai dengan karakteristik pembelajarn SCL tidak terlaksana dengan baik, oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang disusun.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85239
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AGUS KADARMANTO - 150220104007.pdf SDH.pdf8.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.