Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85182
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUTARTO-
dc.contributor.advisorHARIJANTO, Alex-
dc.contributor.authorRAHMAWATI, Widatur-
dc.date.accessioned2018-04-04T01:42:03Z-
dc.date.available2018-04-04T01:42:03Z-
dc.date.issued2018-04-04-
dc.identifier.nimNIM110210102047-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85182-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menguji coba alat bantu pembelajaran berupa berupa Media Pembelajaran Flash Double-Display pada Pembelajaran Gelombang Mekanik. Flash Double-Display adalah media turunan dari Flash Flipbook berupa media dengan tampilan ganda yang dibuat menggunakan bantuan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Media pembelajaran Flash Double-Display adalah media yang dioperasikan menggunakan perangkat komputer sehingga dalam rangka efisensi kegiatan penelitian, maka peneliti memilih SMK dengan Program Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai tempat penelitian dengan asumsi bahwa SMK tersebut memiliki laboratorium komputer yang memadai dan siswa di SMK tersebut telah memiliki pengetahuan awal dalam mengoperasikan media berbasis komputer. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang berjumlah 30 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Pada penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test and post-test, sehingga dalam satu pertemuan dilakukan tes terhadap siswa untuk mengetahui perubahan kemampuan siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Flash Double-Display yang selanjutnya dianalisis menggunakan Uji N-gain serta selama pembelajaran dilakukan observasi terhadap aktivitas siswa. Hasil uji coba yang dilakukan selama tiga pertemuan menunjukkan bahwa siswa memperoleh rata-rata pre-test sebesar 36,95 dan rata-rata post-test sebesar 67,72 dengan rata-rata hasil Uji N-gain sebesar 0,49 dengan kategori dengan kriteria sedang dan rata-rata aktivitas sebesar 86% dengan kategori aktivitas sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa 1) aktivitas siswa saat menggunakan Media Pembelajaran Flash Double- Display pada Pembelajaran Gelombang Mekanik terkategori sangat aktif dengan indikator rata-rata persentase aktivitas yang diperoleh sebesar 86% dan 2) hasil belajar siswa saat menggunakan Media Pembelajaran Flash Double-Display pada Pembelajaran Gelombang Mekanik terkategori cukup baik dengan indikator ratarata nilai uji N-gain terhadap skor pre-test dan skor post-test yang diperoleh sebesar 0,49 dengan kriteria sedang sehingga Media Pembelajaran Flash Double- Display tergolong cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries110210102047;-
dc.subjectFLASH DOUBLE-DISPLAYen_US
dc.subjectGELOMBANG MEKANIKen_US
dc.titleMEDIA PEMBELAJARAN FLASH DOUBLE-DISPLAY PADA PEMBELAJARAN GELOMBANG MEKANIK DI SMK (SMK Mabdaul Ma’arif Jombang Jember)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Widatur Rahmawati - 110210102047_.pdf1.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools