Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85134
Title: | KAJIAN GERAK PARABOLA PADA PERMAINAN BOLA BASKET SEBAGAI SUMBER BELAJAR FISIKA DI SMA |
Authors: | Supeno Prihandono, Trapsilo Fani, Salvi Dwi |
Keywords: | Teknik passing, dribbling, dan shooting bola basket Gerak Parabola |
Issue Date: | 3-Apr-2018 |
Abstract: | Gerak parabola merupakan salah satu bagian dari kinematika gerak yang di ajarkan pada siswa pada tingkat SMA. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi gerak parabola karena kurangnya keterkaitan materi gerak parabola dengan fenomena-fenomena disekitar siswa. Oleh karena itu, perlunya pembelajaran yang mengaitkan konsep dengan fenomena-fenomena disekitar atau menggunakan pendekatan kontekstual. Sumber belajar dapat dijadikan alat untuk menghubungkan konsep fisika dengan fenomena-fenomena disekitar siswa. Salah satu contoh gerak parabola yang ada di sekitar kehidupan siswa adalah permainan bola basket. Permainan bola basket terdapat tiga teknik dasar yang harus dikuasai yaitu teknik dribbling, teknik passing, dan teknik shooting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian gerak parabola pada permainan bola basket teknik passing, dribbling, dan shooting serta merancang sumber belajar untuk pokok bahasan gerak parabola pada permainan bola basket untuk siswa SMA. Berdasarkan uraian di atas maka dilakukan penelitian tentang kajian gerak parabola pada permainan bola basket sebagai sumber belajar fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur kecepatan awal bola, sudut yang dibentuk pada lintasan parabola bola basket, ketinggian maksimal, jarak maksimal yang ditempuh bola, waktu yang dibutuhkan bola saat ketinggian maksimal, waktu yang dibutuhkan bola saat jarak maksimal. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah bola basket, kamera video, meteran, laptop, software kinovea 0.8.15. Penelitian ini dilakukan di lapangan basket Universitas Jember dan di Laboratorium Fisika Dasar Pendidikan Fisika Universitas Jember. Hasil analisis software kinovea dengan menggunakan video permainan bola basket meperoleh data besaran-besaran fisika pada materi gerak parabola. Teknik passing pada permaiana bola basket memperolah data ketinggian awal bola sebesar 2,12 m, ketinggian akhir bola 1,65 m, kecepatan awal 5,59 m/s, jarak maksimal 4,30 m, waktu yang dibutuhkan saat jarak maksimal 0,83 s, tinggi maksimal 2,63 m, waktu yang dibutuhkan saat tinggi maksimal 0,36 s, dan sudut yang terbentuk adalah 360. Teknik dribbling pada permainan bola basket memperolah data ketinggian awal bola sebesar 1,72 m, ketinggian akhir bola 0 m, kecepatan awal 13,64 m/s, jarak maksimal 1,16 m, waktu yang dibutuhkan saat jarak maksimal 0.16 s, tinggi maksimal 1,72 m, waktu yang dibutuhkan saat tinggi maksimal 0 s, dan sudut yang terbentuk adalah 430. Teknik shooting pada permainan bola basket memperolah data ketinggian awal bola sebesar 2,36 m, ketinggian akhir bola 3 m, kecepatan awal 6,47 m/s, jarak maksimal 4,33 m, waktu yang dibutuhkan saat jarak maksimal 1,06 s, tinggi maksimal 4,13 m, waktu yang dibutuhkan saat tinggi maksimal 0,63 s, dan sudut yang terbentuk adalah 530. Hasil analisis data digunakan sebagai acuan untuk merancangan sumber belajar fisika, khususnya materi gerak parabola. Hasil analisis data dengan kinovea memiliki kesesuaian dengan tinjauan teoritis sehingga layak untuk dijadikan sumber belajar fisika di SMA. Kesimpulan pada penelitian ini adalah: data teknik passing, dribbling, dan shooting permainan bola basket dari lapangan dianalisis dengan menggunakan software kinovea. Besaran fisika khususnya materi gerak parabola yang dapat kita kaji yaitu: kecepatan awal bola, sudut yang dibentuk pada lintasan parabola bola basket, ketinggian maksimal, jarak maksimal yang ditempuh bola, waktu yang dibutuhkan bola saat ketinggian maksimal, dan waktu yang dibutuhkan bola saat jarak maksimal. Lintasan gerak parabola dari teknik passing, dribbling, dan shooting memiliki ketinggian awal dan ketinggian akhir bola yang berbeda. Desain rancangan sumber belajar dibuat berdasarkan kajian data lapangan. Desain rancangan sumber belajar yang sudah dibuat bisa dijadikan acuan dalam pembuatan sebuah buku, modul, LKS, dan lain sebagainya. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85134 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Salvi Dwi Fani 130210102098_1.pdf | 1.81 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools