Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85101
Title: PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA KEPERAWATAN TAHAP AKADEMIK DAN TAHAP PROFESI DI UNIVERSITAS JEMBER
Authors: Wijaya, Dodi
Purwandari, Retno
Khoiriyah, Nikmatul
Keywords: Kepuasan Konsumen
Profesi Keperawatan
Issue Date: 2-Apr-2018
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan tahap akademik dan tahap profesi di Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei analisis dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 156 mahasiswa aktif yang terbagi atas 93 responden tahap akademik dan 63 responden tahap profesi. Mahasiswa yang menjadi responden berasal dari angkatan 2013 sampai 2015 untuk responden tahap akademik serta angkatan 18 dan angkatan 19 untuk responden tahap profesi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner karakteristik responden, kuesioner tingkat kepuasan mahasiswa tahap akademik dan kuesioner tingkat kepuasan mahasiswa tahap profesi. Hasil penelitian terhadap tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan tahap akademik menunjukkan bahwa 86% responden berada pada kategori puas dengan tingkat kepuasan paling tinggi berada pada dimensi reliability yaitu sebesar 83,9% responden, namun diantara lima dimensi tersebut pada dimensi responsiveness sejumlah 3,2% responden termasuk pada kategori tidak puas. Responden tahap profesi sebanyak 81% responden juga berada pada kategori puas, dengan tingkat kepuasan paling tinggi berada pada dimensi tangible, namun diantara lima dimensi tersebut pada dimensi responsiveness sejumlah 4,8% responden dan dimensi assurance sejumlah 1,6% responden termasuk pada kategori tidak puas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji mann-whitney. Hasil analisis data dengan nilai p value = 0,316 (α=0.05;CI 95%), p value > α yang berarti Ha gagal diterima. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak ada perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan tahap akademik dan tahap profesi di Universitas Jem\ber. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi aspek yang butuh untuk di tingkatkan dalam upaya untuk mengoptimalkan pelayanan. Pengembangan penelitian terkait tingkat kepuasan sebagai akibat dari kualitas pelayanan yang diterima perlu untuk dilakukan secara berkala dengan cara institusi dapat menindak lanjuti dengan menyusun alat ukur yang lebih spesifik untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa sesuai dengan kondisi yang ditempuh oleh mahasiswa tahap akademik dan tahap profesi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85101
Appears in Collections:UT-Faculty of Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nikmatul Khoiriyah 122310101075.pdf6.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools