Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85079
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorArif, M. Ziaul-
dc.contributor.authorRiski, Abduh-
dc.contributor.authorAnggraeni, Dian-
dc.date.accessioned2018-04-02T00:28:12Z-
dc.date.available2018-04-02T00:28:12Z-
dc.date.issued2018-04-02-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85079-
dc.description.abstractPendidikan merupakan hal yang tidak dapat lepas dari kehidupan yang setiap orang berhak mendapatkannya. Seiring dengan perkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi komputerisasi dan internet, lebih khusus pada perangkat lunak atau aplikasi, maka baik langsung maupun tidak langsung dunia pendidikan juga merasakan dampaknya. Guru yang mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan harus selalu tanggap dan peka terhadap berbagai perkembangan yang terjadi di sekelilingnya. Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media dan perangkat pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Pengoptimalan pembelajaran dapat dilakukan dengan kegiatan program IbM bagi masyarakat dari Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPM) melalui dosen Program Studi Matematika Universitas Jember dengan kegiatan pembimbingan guru-guru SMA dan MA di lingkungan pondok pesantren Kota Jember dalam mengembangkan media dan perangkat pembelajaran berbasis video online yang interaktif dengan bantuan free software Blueberry Recorder dan Lightworks sebagai sarana pembelajaran dimanapun dan kapanpun. Garis besar kegiatan ini selanjutnya adalah membimbing guru-guru SMA dan MA di lingkungan pondok pesantren Kota Jember untuk membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran video interaktif yang diunggah dalam suatu website penyedia ruang untuk video sehingga siswa dapat mengakses video tersebut secara online dimanapun dan kapanpun mereka butuhkan guna mendukung belajar mandiri. Program ipteks IbM bagi masyarakat ini akan direncanakan akan dilaksanakan dalam 8 (delapan) bulan dengan target luaran utama adalah diperolehnya suatu suatu metode atau model perangkat pembelajaran berbasis video online yang interaktif sebagai media pendukung dalam pembelajaran mandiri. Luaran selanjutnya adalah buku panduan tutorial dan suatu publikasi dituangkan dalam sebuah artikel ilmiah hasil pengabdian masyarakat.. Pelaksanaan program ipteks IbM bagi masyarakat ini dilakukan secara bermitra (berkolaborasi) dengan kepala sekolah SMA Unggulan BPPT dan kepala sekolah MA di lingkungan PP. Darus Sholah Jember (mitra 1). Selanjunya mitra 2 adalah kepala sekolah SMA dan kepala sekolah MA Unggulan di lingkungan PP. Nurul Islam (NURIS) Jember. Agar pelaksanaan ipteks bagi masyarakat ini lebih terarah, maka digunakan metode lesson study (LS) yang dilaksanakan secara bersiklus dalam tiga tahap kegiatan dimulai dari tahap perencanaan (plan), tahap pelaksanaan (do), dan tahap evaluasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan (plan), kegiatan utama yang dilakukan adalah pembuatan buku panduan pendukung dalam pembuatan video pembalajaran serta video tutorialnya yang berjudul “Mengajar melalui Video – step by step membuat video tutorial pembelajaran” yang sudah ber-ISBN. Tahap pelaksanaan (do) peserta dilakukan dengan 3 kali workshop serta bimbingan intensif dalm membuat video pembelajaran yang sesuai dengan bidang masing-masing serta mengunggah ke dalam website penyedia ruang video secara online, dan pada tahap refleksi (see) tim melakukan refleksi dan umpan balik terhadap hasil observasi pelaksanaan perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh guru model selama uji coba secara online. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah video tutorial pembelajaran karena wawasan dan ketrampilan guru-guru SMA dan MA bertambah dalam hal pembuatan video tutorial pembelajaran. Guru-guru SMA dan MA sudah mengenal dan mampu menggunakan peralatan untuk membuat video pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Guru-guru SMA dan MA sudah mampu membuat video tutorial pembelajaran dengan sangat baik.en_US
dc.description.sponsorshipDitlitabmasen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseriesHibah Dikti PPM 2017;-
dc.subjectGuru SMen_US
dc.subjectUsaha Kreatifen_US
dc.subjectVideo Pembelajaranen_US
dc.titleSMA DAN MA BERBASIS PONDOK PESANTREN DI KOTA JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dn 2017 DRPM laporan_akhir_MUHAMMAD_ZIAUL_ARIF_S_Si__M_Sc_.bak.pdf5.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.