Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85068
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | WIDAYATI, Endang Sri | - |
dc.contributor.advisor | WIDJAJANTI, Anita | - |
dc.contributor.author | RAHAYU, Nurul Wiji | - |
dc.date.accessioned | 2018-03-31T05:33:22Z | - |
dc.date.available | 2018-03-31T05:33:22Z | - |
dc.date.issued | 2018-03-31 | - |
dc.identifier.nim | NIM120210402089 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85068 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan keluarga merupakan pendidikan yang terjadi tanpa adanya batas waktu serta memiliki hubungan yang erat antara orang tua dan anak atas dasar cinta kasih yang kodrati. Novel Ibuk menarik untuk diteliti karena menceritakan peran Ibuk dengan tekad yang kuat mampu mengantarkan anak-anaknya menjadi pribadi yang lebih baik. Pengkajian novel Ibuk dalam pendidikan keluarga diawali dengan memahami unsur intrinsik, yakni tema dan tokoh. Berdasarkan pemaparan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi; (1) Bagaimanakah unsur intrinsik dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan yang meliputi tema dan tokoh? (2) Bagaimanakah aspek pendidikan keluarga yang terkandung dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan? (3) Bagaimanakah bentuk pemanfaatan novel Ibuk karya Iwan Setyawan sebagai alternatif materi pembelajaran di SMA kelas XII? Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa penggalan peristiwa berwujud kata-kata, kalimat, serta paragraf maupun dialog dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan yang diindikasikan sebagai gambaran aspek pendidikan keluarga. Sumber data dalam penelitian ini mencakup novel Ibuk karya Iwan Setyawan dan silabus SMA Kelas XII, Kurikulum 2013. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data meliputi: membaca, reduksi data, penyajian data, prosedur analisis data, penafsiran data, penyusunan materi pembelajaran, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Tema yang terdapat dalam novel Ibuk adalah kegigihan dan perjuangan Ibuk untuk membawa anak-anaknya pada kehidupan yang lebih baik. (2) Tokoh yang terdapat dalam novel Ibuk terdiri dari tokoh utama yakni Ibuk, serta beberapa tokoh bawahan yakni Bapak, Isa, dan Bayek. Berdasarkan aspek pendidikan keluarga terdapat beberapa aspek yang mencakup dalam pendidikan keluarga. (1) Aspek kepribadian yang diterapkan di dalam keluarga yang penuh tanggung jawab akan menjadi dasar bagi anak untuk dapat hidup dengan baik dan membanggakan keluarga. (2) Aspek moral sangat penting bagi anak karena akan membentuk kepribadian dan karakter anak tersebut. (3) Aspek sosial yang juga penting untuk bersosialisasi di lingkungan masyarakat dengan baik yang berguna di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Pemanfaatan hasil kajian penelitian dapat dijadikan alternatif materi pembelajaran novel di SMA Kelas XII, K13. Materi digunakan dalam Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis teks novel baik secara lisan maupun tulisan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tema yang menggambarkan kegigihan dan perjuangan Ibuk untuk membawa anak-anaknya pada kehidupan yang lebih baik. Tokoh yang terdapat dalam penelitian ini terdapat tokoh Ibuk sebagai tokoh utama dan tokoh bawahan yakni Bapak, Isa, dan Bayek. Aspek pendidikan keluarga yang terdapat dalam novel Ibuk mencakup (1) Aspek kepribadian yang diterapkan di dalam keluarga yang penuh tanggung jawab akan menjadi dasar bagi anak untuk dapat hidup dengan baik dan membanggakan keluarga. (2) Aspek moral sangat penting bagi anak karena akan membentuk kepribadian dan karakter anak tersebut. (3) Aspek sosial yang juga penting untuk bersosialisasi di lingkungan masyarakat dengan baik di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Hasil pengkajian terhadap unsur intrinsik novel Ibuk dapat dijadikan alternatif materi pembelajaran novel di SMA kelas XII, K13. Berdasarkan kompetensi dasar 3.3 Menganalisis teks novel baik secara lisan maupun tulisan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 120210402089; | - |
dc.subject | PENDIDIKAN KELUARGA | en_US |
dc.subject | NOVEL IBUK | en_US |
dc.subject | IWAN SETYAWAN | en_US |
dc.subject | APRESIASI SASTRA | en_US |
dc.title | ASPEK PENDIDIKAN KELUARGA DALAM NOVEL IBUK KARYA IWAN SETYAWAN DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA KELAS XII | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nurul Wiji Rahayu - 120210402089_.pdf | 1.6 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools