Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85064
Title: PENGEMBANGAN PERANGAKAT EVALUASI COMPUTER – BASED TESTING BERBASIS INSTUCTIONAL GAMES PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS DI MA
Authors: YUSHARDI
WAHYUNI, Sri
NURIYAH, Faiqotul Jannatin
Keywords: PERANGAKAT EVALUASI
COMPUTER – BASED TESTING
INSTUCTIONAL GAMES
LISTRIK DINAMIS DI MA
Issue Date: 31-Mar-2018
Series/Report no.: 100210102082;
Abstract: Perangkat evaluasi fisika merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, khususnya pada tingkat sekolah menengah atas (SMA). Berdasarkan hasil wawancara terbatas di salah satu SMA di Kabupaten Jember diperoleh evaluasi pembelajaran dalam bentuk tes masih berupa ujian tulis menggunakan media kertas. Selain itu, UN juga masih menggunakan media kertas untuk LJK. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi dalam penyusunan perangkat evaluasi, salah satunya adalah instrumen tes. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan desain 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D. Penelitian dilaksanakan di MA Miftahul Ulum Suren. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X IPA 2 MA Miftahul Ulum Suren yang berjumlah 29 yang ditentukan meng – gunakan teknik purposive sampling Subjek penelitian . Adapun Metode pe – ngumpulan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil validasi perangkat evaluasi computer based testing berbasis instructional games diperoleh dari 2 orang dosen Program Studi Pendidikan Fisika dan seorang guru mata pelajaran Fisika. Nilai hasil validasi yang diperoleh sebesar 4,2 untuk perangkat evaluasi dan 4,04 untuk kis – kisi soal tes sehingga perangkat evaluasi dalam pengembangan ini memenuhi kriteria valid dan dapat digunakan untuk uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, pemahaman translasi siswa mencapai persentase 71%, pemahaman interpretasi 67%, dan pemahaman ekstrapolasi siswa 56% sehingga pemahaman classical yang diperoleh sebesar 64%. Selain itu, repon siswa setelah menggunakan perangkat evaluasi computer based testing berbasis instructional games rata-rata 89,16% siswa memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa 1) perangkat evaluasi computer based testing berbasis instructional games dikategorikan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 2) pemahaman konsep fisika siswa tergolong cukup paham dengan persentase tertinggi terdapat pada pemahaman translasi; 3) respon siswa terhadap perangkat evaluasi computer based testing berbasis instructional games secara keseluruhan dapat dikatakan siswa sudah memberikan respon positif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85064
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Faiqotul Jannatin Nuriyah - 100210102082_.pdf3.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools