Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85003
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMURDYASTUTI, Anastasia-
dc.contributor.advisorMAKMUR, M. Hadi-
dc.contributor.authorRAMADHANI, Rosita-
dc.date.accessioned2018-03-29T01:01:43Z-
dc.date.available2018-03-29T01:01:43Z-
dc.date.issued2018-03-29-
dc.identifier.nimNIM130910201018-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85003-
dc.description.abstractMunculnya pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat dikarenkan adanya berbagai kritik di kalangan masyarakat yang sudah tidak percaya akan pengelolaan kepariwisataan oleh pemerintah dan swasta. Masyarakat sekitar lokasi pariwisata tidak merasakan dampak positif adanya kepariwisataan. seperti yag terjadi pada pengelolaan di daerah malang pada pengelolaan coban pelangi dan pengelolaan wisata di desa Tempoambulu, Makassar. Berawal dari sinilah maka penting adanya ketrlibatan masyarakat dalam pengelolaan yang ditandai dengan partisipasi aktif masyarakat dalam perencanan, pelaksanaan maupun pengawasan. Penelitian ini menggunakan konsep pegelolaan kepariwisataan berbasis masyarakat yaitu adanya partisipasi masyarakat mulai dari perencanaan, penyelegggaraan, pengawasan hingga pemanfatan hasil industry kepariwisataan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat di Desa Sidomulyo, Fokus penelitian ini adalah partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan, penyelenggaraan (pelaksanaan), pengawasan, dan pemanfaatan hasil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer maupun sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data interaktif yang disampaikan oleh Miles dan Huberman. Derajat kepercayaan (validitas menggunakan triangulasi). Berdasarkan hasil penelitian pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat terdapat partisipasi masyarakat dalam setiap proses pengelolaan. Proses pengelolaan telah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya kurangnya pengelola dalam melaksanakan deskripsi tugas sesuai dengan struktur yang telah dibuat, belum ada kerjasama antara pemerintah, pihak pengelola dengan swasta.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130910201018;-
dc.subjectPARIWISATAen_US
dc.titlePENGELOLAAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT (Studi Kasus Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rosita Ramadhani - 130910201018_.pdf2.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools