Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84947
Title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SELF DIRECTED LEARNING SUB POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG UNTUK SISWA SMP KELAS VII
Authors: Suharto
Setiawani, Susi
Afifah, Ridha Nur
Keywords: PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL
Issue Date: 28-Mar-2018
Abstract: Proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model Self Directed Learning sub pokok bahasan persegi dan persegi panjang mengacu pada four D Models (model 4-D) yang dikemukakan oleh Thaiagarajan, Semmel dan Semmel. Proses tersebut dimulai dengan menetapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan pembelajaran (analisis awal-akhir), mengidentifikasi karakter siswa khususnya kemampuan siswa menguasai konsep (analisis siswa), mengidentifikasi tugas-tugas yang akan diberikan untuk mengajarkan konsep (analisis tugas), mengidentifikasi konsep-konsep yang akan diajarkan (analisis konsep), dan menentukan tujuan pembelajaran (spesifikasi tujuan pembelajaran). Proses pengembangan dilanjutkan tahap perancangan untuk merancang bentuk dasar perangkat pembelajaran. Proses perancangan dimulai dengan menyusun rancangan alat evaluasi serta memilih media dan format pembelajaran. Pada tahap Perancangan awal dihasilkan draf 1. Setelah dihasilkan rancangan dasar perangkat pembelajaran, selanjutnya dilakukan validasi para ahli. Berdasarkan saran para ahli, perangkat pembelajaran direvisi dan dilanjutkan dengan uji coba lapangan. Setelah perangkat pembelajaran yang dihasilkan mencapai kriteria valid, efektif dan efisien, maka dilakukan penyebaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84947
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ridha Nur Afifah 100210101079 a.pdf7.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools