Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84934
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSupeno-
dc.contributor.advisorSubiki-
dc.contributor.authorRohma, Laily Widya-
dc.date.accessioned2018-03-28T04:09:44Z-
dc.date.available2018-03-28T04:09:44Z-
dc.date.issued2018-03-28-
dc.identifier.nimNIM 110210102065-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84934-
dc.description.abstractSalah satu materi pembelajaran fisika di SMA yaitu tentang mekanika. Mekanika dibedakan menjadi dua bagian yaitu kinematika dan dinamika. Materi dinamika gerak akan lebih mudah dipahami oleh siswa jika pemahaman konsep kinematika gerak sudah benar. Salah satu yang di bahas pada dinamika adalah tentang hukum I, II, dan III Newton. Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini yakni kurikulum 2013, pentingnya kemampuan pemecahan masalah terlihat pada kompetensi dasar yang dimuat dalam standar isi Permendikbud Nomor 64 tahun 2013. Permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran kinematika dan dinamika secara umum di Indonesia maupun di luar Indonesia ternyata masih banyak sekali, hal ini ditunjukkan dalam pembelajaran kinematika dan dinamika dari hasil Ujian Nasional tahun pelajaran 2016/2017 di kabupaten Jember yang diikuti oleh 51 SMA (yang memiliki kelas program studi Ilmu Pengetahuan Alam), pada materi kinematika sebesar 45,58% dan pada materi dinamika sebesar 60,63%. Angka tersebut menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan siswa SMA di kabupaten Jember pada materi kinematika dan dinamika masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumbu-sumbu koordinat, menggambar diagram benda bebas, merepresentasikan gaya, menentukan jenis dan arah gerak resultan gaya, menuliskan persamaan dan solusi serta menuliskan satuan dengan benar. Untuk itu perlu dilakukan tes dan penilaian evaluasi terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan alat penilaian dan rubrik yang telah dikembangkan oleh Kocakullah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectHUKUM NEWTONen_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAKen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Laily Widya Rohma - 110210102065.pdf SDH.pdf3.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools