Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84932
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSubiki-
dc.contributor.advisorWahyu, Rayendra-
dc.contributor.authorHuznia, Khotimatul-
dc.date.accessioned2018-03-28T04:00:48Z-
dc.date.available2018-03-28T04:00:48Z-
dc.date.issued2018-03-28-
dc.identifier.nimNIM 130210102021-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84932-
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Permasalahan pembelajaran di dalam kelas dilihat dari siswa, dari observasi yang saya lakukan dengan siswa SMA 3 jember. Siswa tersebut mengatakan masih merasa malas dengan pembelajaran fisika karena terlalu banyak rumus yang harus dihafalkan, mereka masih merasa binggung dalam mengaplikasikan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari, Siswa menganggap bahwa pembelajaran fisika yang membosankan. Hal ini sesuai dengan pendapat guru SMAN 3 Jember menyatakan bahwa beliau hanya menggunakan metode ceramah. Dengan hanya menggunakan metode ceramah siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, karena dalam hakikat fisika adalah mengamati, mencoba, menanya, mengasosiasi, dan mengkomunikasi. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa salah satunya dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), disini peneliti akan berkolaborasi dengan guru pengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Jember. Adapun alasan pemilihan lokasi penelitian dengan pertimbangan: Terdapat permasalahan pembelajaran pada siswa di kelas XI IPA 3 SMAN 3 Jember diantaranya presentase siswa yang belum tuntas pada mata pelajaran fisika berdasarkan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) genap. Berdasarkan data observasi dan wawancara terbatas dengan guru fisika sekitar 80% siswa yang pasif dalam pembelajaranen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBELAJAR FISIKAen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI IPA 3 DI SMAN 3 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Khotimatul Huznia 130210102021.pdf SDH.pdf6.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools