Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84888
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH ALIYAH
Authors: Wahyuni, Sri
Maryani
Hidayatullah, M. Nur
Keywords: Media Pembelajaran Momentum
Media Pembelajaran Impuls
Sistem Operasi Android
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Issue Date: 26-Mar-2018
Abstract: Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian model 4-D. Penelitian dilaksanakan di MAN Bondowoso pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Selanjutnya data validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang diisi oleh validator, kemudian data peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa madrasah aliyah, respon siswa diperoleh selama dan setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi Ahli diperoleh skor 86,97% dan pada validasi pengguna diperoleh skor sebesar 89,37%, sehingga didapat validasi rata-rata sebesar 88,17%. Hal tersebut menandakan bahwa media yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid. Hasil uji pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perhitungan N-gain sebesar 0,48, berkategori sedang. Hasil tersebut tidak lepas dari media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem operasi android yang digunakan dalam pembelajaran. Sehingga siswa lebih semangat untuk belajar fisika melalui android yang mereka miliki. Selanjutnya respon siswa didapatkan respon siswa sebesar 93,74%, menandakan bahwa respon siswa sangat positif pada media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem operasi android. Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran berbasis android lebih memberikan kesan terhadap siswa karena didalamnya terdapat video analisis yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil dari analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) media pembelajaran momentum dan impuls yang dikembangkan valid melalui validasi ahli dan validasi pengguna, 2) kemampuan berpikir kritis siswa madrasah aliyah berkategori sedang, dan 3) respon siswa terhadap media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem operasi android sangat positif pada semua aspek yang dimunculkan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84888
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
M. Nur Hidayatullah 120210102007.pdf4.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools